Cara Mengatasi Bau Mulut saat Puasa, Ini Kata Dokter Zaidul Akbar

Simak kata Dokter Zaidul Akbar tentang cara mengatasi masalah bau mulut saat Ramadan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 19 Maret 2024 icon 20:00 WIB
Cara Mengatasi Bau Mulut saat Puasa, Ini Kata Dokter Zaidul Akbar

Ilustrasi perempuan memiliki masalah bau mulut (Pixabay/Robin Higgins)

Salah satu hal yang dikhawatirkan saat menjalankan ibadah puasa adalah bau mulut. Bagaimana cara mengatasinya agar tidak menurunkan kepercayaan diri?

 Rasulullah SAW pernah bersabda, dari Abu Hurairah, "Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk (kasturi)." (HR Bukhari)

Aroma napas orang yang berpuasa mungkin kurang sedap bagi indra penciuman manusia, tetapi begitu harum dan disukai oleh Allah SWT.

Baca Juga: 5 Tips Semangat Bekerja saat Puasa, Ramadan Tetap Produktif

Kendati demikian, tidak ada salahnya mengupayakan hal-hal untuk menjaga bau mulut tetap terjaga kesegarannya saat berpuasa di bulan Ramadan. Menariknya, ternyata cuma butuh bahan sederhana untuk meracik ramuan anti bau mulut.

Hal ini diungkap Dokter Zaidul Akbar di kanal YouTube JSR Store. Resepnya juga dapat diterapkan di luar bulan Ramadan, mengingat aroma napas yang tidak segar juga mungkin disebabkan konsumsi makanan kurang sehat.

"Menggunakan beberapa jenis minuman atau beberapa jenis bahan yang bisa kita dapatkan dengan sangat mudah untuk mencegah bau mulut tadi," ujar dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga: Mencicipi Masakan saat Puasa Bikin Batal atau Tidak? Simak Penjelasan Berikut

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah air rendaman kismis atau air rendaman kurma, air rendaman mint, dan air rendaman adas manis. Supaya rasanya lebih enak, bisa tambahkan sedikit madu.

"Kismis punya sifat antibakteri dan kismis juga merupakan sumber serat, daun mint itu punya sifat menyegarkan. Sehingga ketiga minuman ini bisa kita manfaatkan di keseharian kita selama bulan Ramadhan, untuk kita konsumsi baik saat berbuka atau saat sahur. Tapi mungkin saya lebih menyarankan untuk dikonsumsi saat kita sahur, ya," terang dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga: 5 Tips Traveling di Bulan Puasa, Serunya Liburan saat Ramadan

Selain diminum, ramuan tersebut dapat digunakan untuk berkumur. Masalah bau mulut selama berpuasa di bulan Ramadan pun bisa dihindari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI