3 Tips Hidup Sehat di Bulan Puasa, Ini Kata Fitness Trainer

Supaya tubuh dan jiwa sama-sama sehat, simak beberapa tips olahraga di bulan puasa berikut ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 24 Maret 2024 icon 17:00 WIB
3 Tips Hidup Sehat di Bulan Puasa, Ini Kata Fitness Trainer

Ilustrasi perempuan olahraga menggunakan treadmill (Pexels/Andrea Piacquadio)

Olahraga saat puasa di bulan Ramadan bukan hal terlarang. Hanya saja, aktivitas fisik memang perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak mengganggu ibadah puasa.

"Puasa itu waktu terbaik untuk detoks. Ini karena tubuh tidak lagi menggunakan gula darah karena tidak makan dan stoknya habis. Sebagai gantinya, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi," ujar fitness trainer bernama Salsabila Avinandita, dalam acara Shopee Big Ramadan Sale 2024 di Kemang, Rabu (20/3/2024) lalu, dilansir dari Suara.com.

Salsabila menuturnya semakin banyak orang yang ingin menjalankan gaya hidup sehat. Seiring bertambahnya usia, metabolisme pun melambat. Penting untuk berolahraga agar kualitas hidup tetap terjaga sehingga lebih berenergi dan memperpanjang usia.

Baca Juga: Hukum Bergosip di Media Sosial, Membatalkan Puasa atau Tidak?

"Bukan cuma di bulan Ramadan saja, tapi manfaatnya bisa untuk jangka panjang yaitu membantu mengatasi masalah kesehatan di hari tua nanti. Dalam mencapai tubuh, pikiran, dan jiwa yang sehat serta bahagia bisa diwujudkan dengan motivasi diri yang kuat dan faktor lainnya," papar Salsabila.

Ilustrasi perempuan melakukan olahraga jalan kaki di pagi hari (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi perempuan melakukan olahraga jalan kaki di pagi hari (Pixabay/Pexels)

Salsabila Avinandita berbagi tips hidup seimbang saat puasa Ramadan, antara lain:

Menjaga kondisi fisik

Baca Juga: Cara Mengatasi Bau Mulut saat Puasa, Ini Kata Dokter Zaidul Akbar

Penting untuk menjaga asupan gizi saat berpuasa. Konsumsi buah-buahan, sayuran, protein hingga karbohidrat kompleks yang seimbang bisa berpengaruh signifikan, termasuk mempertahankan rasa kenyang dan mengatur kadar gula darah.

Jangan lupa untuk tetap aktif secara fisik walau intensitasnya lebih rendah, seperti jalan kaki atau melakukan olahraga ringan lainnya.

Mengelola pikiran

Pola tidur yang berubah dan tekanan dari pekerjaan atau tanggung jawab lainnya bisa membuat seseorang menjadi lebih emosional dan mudah marah.

Salsabila menyarankan untuk mengatur waktu tidur yang cukup, istirahat yang sesuai, dan mengelola stres dengan baik. Kamu bisa melakukan olahraga atau latihan pernapasan saat ngabuburit atau setelah berbuka, membaca buku, dan beraktivitas lainnya sesuai hobi masing-masing.

Menjaga jiwa tetap bahagia

Baca Juga: Mau Minum Teh dan Kopi di Bulan Ramadan? Ini Kata Ahli Gizi

Sebisa mungkin hindari perasaan negatif dan hal-hal yang dapat merusak kebahagiaan. Contohnya, fokus saja memenuhi kebutuhan esensial Ramadan. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI