Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Maret 2024 icon 18:00 WIB
Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Air susu. (Pixabay/Couleur)

Pola makan saat berpuasa perlu diperhatikan untuk kelancaran ibadah sekaligus menjaga kesehatan. Salah satunya adalah memperhatikan asupan bernutrisi ketika sahur.

Kamu mungkin termasuk orang yang senang minum susu saat sahur. Namun, berdasarkan hasil survei "F&B Trend Movement and Financial Plan 2024" dari Populix, hanya sekitar 6% masyarakat Indonesia yang mengonsumsi susu saat sahur.

Padahal, konsumsi susu saat sahur cukup bermanfaat. Di antaranya adalah menambah asupan protein tinggi yang berperan dalam menjaga massa otot dan memberikan energi tahan lama untuk berpuasa.

Baca Juga: Cegah Masalah Asam Lambung, Habis Sahur Jangan Langsung Tidur

Ilustrasi perempuan minum susu (Freepik/garetsvisual)
Ilustrasi perempuan minum susu (Freepik/garetsvisual)

"Pada bulan suci Ramadan, penting untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan seimbang, salah satunya adalah susu," ungkap Business Executive Officer Adult Dairy & Food PT Nestle Indonesia, Mirna Tri Handayani, melansir Suara.com.

Sementara itu, Corporate Nutritionist PT Nestle Indonesia, Eka Herdiana, mengatakan bahwa konsumsi susu saat sahur adalah cara yang bagus untuk mendukung kelancaran ibadah puasa.

Kandungan air yang tinggi pada susu, lanjut Eka, dapat membantu meningkatkan hidrasi. Susu juga dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama karena kandungan protein dan lemaknya akan memperlambat proses pencernaan dan membantu mencegah rasa lapar yang terlalu cepat muncul saat berpuasa.

Baca Juga: Resep Ayam Teriyaki, Simpel Banget Cocok untuk Menu Sahur

"Terakhir, susu dapat memperbaiki cairan tubuh lewat kandungan elektrolit yang terkandung seperti kalium, dan natrium yang dapat membantu memperbaiki cairan tubuh yang hilang selama berpuasa," jelas Eka. 

Baca Juga: 5 Resep Sayur Enak untuk Sahur, Bikinnya Nggak Ribet

Tahun ini, hadir program mendukung ibadah puasa melalui Bear Brand berupa pembagian produk kepada total 370 ribu jamaah di 700 masjid di Indonesia. Konsumsi satu kaleng saat sahur diharapkan bisa menambah asupan gizi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI