5 Provinsi Ini Bakal Jadi Destinasi Liburan Favorit, Lebaran Banjir Wisawatan

Berikut beberapa provinsi yang diperkirakan jadi favorit tempat liburan selama Lebaran.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 02 April 2024 icon 09:30 WIB
5 Provinsi Ini Bakal Jadi Destinasi Liburan Favorit, Lebaran Banjir Wisawatan

Ilustrasi liburan di Candi Prambanan (Pixabay/Tom Walker)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menyebut lima provinsi yang masuk dalam destinasi utama perjalanan mudik Idul Fitri tahun ini. Kelima provinsi iini diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen Lebaran, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Melihat karakteristik kunjungannya, mayoritas wisatawan berasal dari daerah sekitar destinasi dan masyarakat intra-provinsi. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI, Hariyanto, mengatakan bahwa kepadatan aktivitas wisata bakal mulai terlihat pada H+1 Lebaran.

Tingkat okupansi diprediksi mencapai lebih dari 80 persen, bahkan hingga 100 persen di destinasi favorit, lama waktu tinggal para wisatawan intra-provinsi rata-rata 1-2 malam, sementara wisatawan dari luar provinsi bisa mencapai 4 malam. 

Baca Juga: Bingung Mau Kasih THR Seberapa Banyak untuk Keponakan? Ini Rekomendasinya

Ilustrasi liburan di pantai (Pixabay/Igor Ovsyannykov)
Ilustrasi liburan di pantai (Pixabay/Igor Ovsyannykov)

"Tentunya berbagai upaya telah kita lakukan dan bekerja sama dengan pihak terkait dengan industri pelaku usaha, dan juga pemerintah. Kami memastikan untuk adanya keamanan dan kenyaman serta keselamatan mengunjungi destinasi wisata," ungkap Hariyanto dalam konferensi pers Kemenparekraf di Jakarta, Senin (1/4/2024), mengutip Suara.com.

Sebagai upaya pemantauan aktivitas wisata, pemerintah menyiapkan platform Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (Sisparnas) melalui situs sisparnas.kemenparekraf.go.id. Masyarakat bisa update data-data seputar mudik secara real time, termasuk tempat wisata yang ramai dikunjungi. Sementara, wisatawan yang ingin berlibur ke desa wisata bisa mengakses platform Jadesta. 

"Sampai saat ini sudah tercatat 5.280 desa yang berjejaringan dengan platform Jadesta. Di sana ada profil, aktivitas, hingga saran destinasi di desa wisata untuk para pemudik menghabiskan liburan Idul Fitri sebelum dan sesudahnya," papar Hariyanto. 

Baca Juga: 5 Ide Hampers Lebaran Unik, Isinya Boleh Skincare dan Produk Berfaedah Lainnya

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pihaknya telah memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daerah tujuan wisata dalam hal keamanan, keselamatan, dan pelayanan prima kepada wisatawan. Ada surat edaran kepada seluruh pemerintah daerah maupun pelaku usaha pariwisata.

Baca Juga: 30 Stiker Toples Lebaran yang Desainnya Bikin Gemas, Gratis Siap Cetak!

"Surat ini dapat direplikasi seluruh Pemerintah Daerah untuk diedarkan di daerah masing-masing. Kemenparekraf akan berkoordinasi secara intensif dengan pihak-pihak terkait seperti Kemenhub, Kemenkes, Kepolisian, dan BASARNAS setempat,” tuturnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI