9 Destinasi Wisata Religi di Indonesia, Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Wisata religi juga bisa jadi destinasi yang menarik dikunjungi di bulan Ramadan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 06 April 2024 icon 10:00 WIB
9 Destinasi Wisata Religi di Indonesia, Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Ilustrasi masjid. (Pexels/David McEachan)

Tak hanya saat Ramadan, wisata religi juga jadi destinasi yang menarik dikunjungi saat libur Lebaran. Banyak orang senang mendatangi tempat wisata yang berhubungan dengan sejarah, tokoh agama, hingga tempat ibadah.

Wisata religi tidak hanya jadi ajang rekreasi, tetapi juga menambah keimanan wawasan agama. Dilansir dari Suara.com, berikut destinasi wisata religi di Indonesia yang direkomendasikan Archipelago.

1. Masjid Jami Aulia Pekalongan

Baca Juga: Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Masjid Jami Aulia adalah salah satu masjid tertua dan bersejarah di Pekalongan. Daya tarik utamanya yakni Al-Quran terbesar yang berukuran 2x2,3 meter.

2. Peninggalan Kerajaan Islam Demak

Temukan perpaduan budaya Jawa, Tionghoa, Arab, dan Belanda di Kota Semarang, tepatnya di Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini mempunyai menara setinggi 99 meter.

Baca Juga: 8 Tips Piknik ke Tempat Wisata Populer saat Libur Lebaran

Pada masa lampau, Semarang adalah tempat berdirinya Kerajaan Demak yang meninggalkan situs bersejarah dengan kekayaan budaya dan spiritual.

3. Sultan Muslim Pertama Banjarmasin

Masjid Sultan Suriansyah adalah salah satu bangunan ikonik bersejarah di Banjarmasin. Masjid yang dibangun pada 1550 ini dinamai sesuai dengan Sultan Muslim pertama Banjarmasin. Wisatawan juga dapat menjelajahi landmark keagamaan lainnya, seperti Masjid Jami Banjarmasin dan makam tokoh sejarah.

4. Masjid Gua di Cilacap

Masjid Batu Taman Hati dibangun dalam gua oleh seorang seniman pada 2009. Cilacap juga memiliki banyak obyek wisata indah lainnya, termasuk Bukit Selok, Bukit Srandil, dan Pantai Srandil.

5. Masjid Ikonik di Solo

Setidaknya ada dua masjid yang sangat terkenal, yakni Masjid Syeikh Zayed Solo dan Masjid Agung Keraton Solo. Selain wisata religi, kamu juga dapat menjelajahi Keraton Surakarta Hadiningrat dan menikmati kelezatan kuliner Solo.

6. Masjid Pintu Seribu Malang

Tempat ibadah ini juga bisa dikunjungi saat libur Lebaran. Masjid yang menawan ini menawarkan momen kedamaian di tengah hiruk-pikuk kota.

7. Alquran Akbar Palembang

Liburan ke Palembang, sebaiknya jangan abaikan Alquran Akbar. Monumen yang menampilkan keindahan seni Islam ini berada di dalam Museum Bayt Al-Quran Al-Akbar.

8. Masjid 99 Kubah

Ini adalah destinasi wisata religi populer di Makassar. Memiliki desain yang menakjubkan, masjid terbesar di Makassar disebut mampu menampung 13 ribu jamaah sekaligus.

9. Ziarah makam Wali Songo

Baca Juga: Tourism Western Australia Rilis Panduan Wisata Muslim, Khusus untuk Pelancong asal Indonesia

Berkunjung ke Gresik, wisatawan bisa mendatangi makam Wali Songo yang berjuang menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa pada abad ke-15.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI