Baru Terima THR? Pakai Tips Ini agar Tidak Boros dan Menyesal

Jangan habiskan uang THR hanya untuk kesenangan, sisihkan juga untuk memproteksi diri.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 07 April 2024 icon 12:00 WIB
Baru Terima THR? Pakai Tips Ini agar Tidak Boros dan Menyesal

Ilustrasi menerima Tunjangan Hari Raya (THR) (Pixabay/Eko Anug)

Menjelang Lebaran, pekerja di Indonesia umumnya akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Biasanya uang tersebut digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan atau hadiah bagi orang-orang terkasih.

Menurut survei dari Databoks pada tahun 2023 yang melibatkan 963 responden, ada 90,6% orang di Indonesia yang memiliki kecenderungan lebih boros pada bulan Ramadan, terutama untuk mudik lebaran.

Kebiasaan ini bukanlah hal yang baru, mengingat THR diibaratkan seperti menerima durian runtuh. Tidak heran kalau pada akhirnya seseorang merasa uang THR secara sekejap akan habis dalam hitungan menit.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Baju Lebaran untuk Anak Perempuan, Serba Gemas!

Mengutip siaran pers AXA Mandiri, berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam mengelola uang THR agar tidak boros, serta tetap terasa manfaatnya dalam waktu yang panjang.

Ilustrasi ketupat lebaran (Unsplash/Mufid Majnun)
Ilustrasi ketupat lebaran (Unsplash/Mufid Majnun)

Selalu tentukan skala prioritas keuangan

Caranya, golongkan pengeluaran mulai dari tabungan, dana darurat dan tabungan khusus, misalnya untuk pergi haji. Selalu ingat untuk memprioritaskan pengeluaran rutin juga.

Baca Juga: 4 Gaya Modis Pakai Sarung, Inspirasi Outfit Lebaran

Zakat dan sedekah

Saat menerima uang THR, jangan lupa untuk berbagi ke sesama dengan berzakat atau bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.

Asuransi

Terakhir, rencanakan pembelian instrumen atau solusi yang dapat memberikan perlindungan bagi keluarga agar terhindar dari berbagai risiko yang ke depannya mungkin dapat mengganggu kondisi keuangan, seperti asuransi syariah.

Asuransi syariah memiliki prinsip saling menolong dan mlindungi. Berbeda dengan asuransi konvensional yang mentransfer risiko peserta ke perusahaan asuransi, risiko pada asuransi syariah dibagi dan ditanggung bersama oleh seluruh peserta (takaful).

"Sehubungan dengan momen bulan Ramadan dan juga menyambut Hari Raya Idul Fitri, AXA Mandiri kembali menghadirkan produk asuransi syariah terbaru dengan manfaat yang inovatif dan dapat membantu masyarakat untuk menjaga amanah di dunia dan kemuliaan di akhirat," ungkap Presiden Direktur AXA Mandiri, Handojo G. Kusuma.

Baca Juga: 25 Ucapan Idul Fitri Bahasa Inggris, Cocok untuk Postingan Instagram, Facebook, WhatsAap Story

"Asuransi Perlindungan Amanah Syariah kami hadirkan dengan deretan manfaat jiwa, kesehatan, hingga manfaat akhir masa asuransi yang bisa digunakan untuk mewujudkan amanah nasabah," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI