Apa Itu USG Payudara? Bantu Deteksi Kanker secara Lebih Menyeluruh

Bagaimana cara kerja USG Payudara?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 30 April 2024 icon 07:00 WIB
Apa Itu USG Payudara? Bantu Deteksi Kanker secara Lebih Menyeluruh

Ilustrasi kanker payudara (Pixabay/Marijana)

Kini sudah ada beragam metode skrining kanker payudara. Salah satunya USG payudara yang dinilai bisa memberikan hasil pemeriksaan lebih lengkap dan detail.

Dokter Spesialis Radiologi Eka Hospital BSD, dr.Nieng Liong, Sp.Rad mengatakan, USG payudara disering dilakukan sebagai pemeriksaan tambahan melengkapi mammografi (pendeteksi tumor dan kista). USG payudara juga bisa khusus untuk memeriksa payudara yang masih padat.

"USG payudara adalah pencitraan dengan menggunakan gelombang suara untuk melihat struktur jaringan payudara. Pemeriksaan ini berbeda dari mammografi yang menggunakan radiasi sinar-x dosisr endah. USG payudara biasanya dilakukan untuk memeriksa kelainan yang ada di payudara, baik benjolan padat maupun kista," terang dr. Nieng, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Payudara di Rumah, Senang Bonus Kencang

Walau demikian, dr. Nieng mengakui bahwa USG bukan pemeriksaan utama untuk skrining kanker payudara. Ini karena tanda awal kanker pada payudara lebih padat sering susah dilihat dari pemeriksaan USG.

Ilustrasi kanker payudara. (Shutterstock)
Ilustrasi kanker payudara. (Shutterstock)

"Tapi pemeriksaan ini memberikan informasi yang lebih detail tentang kondisi payudara, terutama payudara yang padat, yang sulit dilihat dari mammografi," tutur sang dokter.

Bagaimana proses pemeriksaan USG payudara? Ternyata caranya sederhana, bahkan pasien tak perlu melakukan persiapan khusus. Soal baju, pasien cuma perlu memilih busana longgar supaya mempermudah dokter menjangkau area payudara.

Baca Juga: Potret Kebersamaan Vidi Aldiano dan Sheila Dara, Setia Temani Sang Suami yang Jalani Pengobatan Kanker

"Anda juga sebaiknya tidak menggunakan losion, bedak, atau bahan-bahan lainnya di area payudara pada hari pemeriksaan," imbuhnya.

Berikut beberapa tahapan pemeriksaan USG payudara yang kerap dilakukan dokter spesialis radiologi:

Baca Juga: 7 Arti Mimpi Penyakit Kanker, Ini Maknanya jika Sakit Parah Sampai Meninggal Dunia

  • Pasien diminta berbaring di tempat tidur dengan mengangkat salah satu lengan pada sisi payudara yang hendak diperiksa untuk memudahkan pemeriksaan.
  • Dokter mengoleskan gel bening pada area payudara yang akan diperiksa.
  • Dokter menjalankan transduser di area payudara yang diperiksa.
  • Gambar jaringan payudara akan muncul di monitor untuk diamati dokter pemeriksa.
  • Usai pemeriksaan, sisa gel bening dibersihkan.

Dokter Nieng lalu memaparkan, "Pemeriksaan ini biasanya berlangsung sekitar20 hingga 30 menit. Hasil USG payudara biasanya akan langsung dijelaskan dokterdi ruang pemeriksaan atau sembari prosedurnya dilakukan. Pasien tidak membutuhkan rawat inap untuk melakukan pemeriksaan ini dan dapat segera beraktivitas normal setelah pemeriksaan."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI