Riset Digital Ramadan 2024: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Paling Getol Promosi di Media Sosial

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tercatat menjadi influencer yang paling aktif mempromosikan produk selama Ramadan 2024.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 30 April 2024 icon 19:00 WIB
Riset Digital Ramadan 2024: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Paling Getol Promosi di Media Sosial

Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina saat jalan-jalan ke Madrid, Spanyol. (Instagram/raffinagita1717)

Peningkatan animo berbelanja di momen Ramadan 2024 dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menggencarkan promosi, termasuk menggunakan jasa influencer. Di satu sisi, para influencer yang memiliki bisnis sendiri juga semakin rajin mempromosikan bisnis milik mereka di berbagai media sosial.

Melihat fenomena ini, Jakpat dan Jangkara.id menggelar riset digital pada Ramadan 2024 untuk melihat sejauh mana promosi produk/jasa yang dilakukan para influencer, serta bagaimana publik merespons hal tersebut. Laporan ini melibatkan 1.180 responden aplikasi survei online Jakpat dan melalui monitoring 4.151 unggahan pada 50 influencer Instagram dengan pengikut terbanyak di Indonesia yang dikurasi oleh Jangkara. Survei dilakukan pada momen Ramadan di bulan Maret 2024.

Hasilnya, sebanyak 87% responden setuju jika promosi oleh influencer bisa membuat produk lebih dikenal oleh masyarakat. Lalu, sebanyak 72% responden setuju jika promosi produk melalui influencer di media sosial lebih menarik daripada iklan di media massa. Sebanyak 65% responden mengaku tertarik membeli produk yang dipromosikan influencer. Produk fashion, kecantikan, dan kuliner adalah kategori yang paling diminati responden.

Baca Juga: Nagita Slavina Pakai Gantungan Tas Gemas, Harganya Bikin Heran

"Di masa kini, influencer menjadi salah satu sumber informasi bagi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Oleh karena itu, peran influencer yang mampu memberikan informasi detail, akurat, dan terpercaya menjadi sangat penting," ucap Research Lead Jakpat, Farida Hasna, Selasa (30/4/2024), dikutip dari siaran pers yang diterima Dewiku.com.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina adalah influencer terpopuler dengan 77% responden yang mengenalinya. Mereka menduduki peringkat teratas dari segi pengikut, yaitu 75,4 juta followers.

Sejalan dengan itu, berdasarkan monitoring di Instagram, Raffi dan Nagita juga tercatat menjadi influencer yang paling aktif mempromosikan produk selama Ramadan 2024. Terdapat  419 unggahan, baik story, image feed, dan video feed dari akun Instagram raffinagita1717 yang berisi promosi produk.

Baca Juga: Rafathar Potong Rambut di London, Mantap Pilih Salon Ternama

Baca Juga: Kebiasaan Nagita Slavina Disorot, Waspadai 5 Penyakit yang Menular lewat Air Liur

Soal produk yang paling banyak dipromosikan influencer, sebanyak 81% responden Jakpat menyatakan produk kecantikan seperti skincare, body care, parfum, dan makeup. Produk promosi lain yang juga sering dilihat responden adalah fashion (73%) dan kuliner (71%).

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI