Libur Panjang Rawan Bikin Gemuk, Ini 5 Cara Asyik Kembalikan Berat Badan Ideal

Begini cara asyik mengembalikan berat badan ideal setelah libur panjang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 06 Mei 2024 icon 14:30 WIB
Libur Panjang Rawan Bikin Gemuk, Ini 5 Cara Asyik Kembalikan Berat Badan Ideal

Ilustrasi perempuan olahraga menggunakan treadmill (Pexels/Andrea Piacquadio)

Selepas libur panjang, sering kali kita merasa lesu dan kurang bersemangat buat memulai rutinitas sehari-hari kembali. Salah satunya mungkin karena pola hidup tak sehat selama liburan yang memicu kenaikan berat badan dan jadi gampang ngantuk.

Jika kondisi tersebut dibiarkan, bisa-bisa mengganggu produktivitas serta kebugaran tubuh. Oleh karenanya, Rendra Aditya, Coach of Fortis Calisthenics, berbagi tips olahraga buat mengembalikan berat badan ideal, dan tentunya kebugaran serta semangat beraktivitas, pasca libur panjang.

Dirangkum dari siaran pers yang diterima Dewiku.com, berikut beberapa tips asyik yang bisa diterapkan.

Baca Juga: Hobi Naik Gunung? Pendaki Perempuan Harus Perhatikan Ini

Pilih olahraga yang tepat sebagai starter usai libur panjang

Ketika mulai kembali olahraga, awali dengan olahraga ringan untuk menghindari cedera, seperti jogging, bersepeda keliling lingkungan rumah, dan aktivitas ringan lain yang menyenangkan. Bisa juga workout di rumah, dengan melakukan gerakan push up, squat, dan jumping jack.

Bakar lemak dan kembalikan kondisi fisik

Baca Juga: Tak Cuma Pole Dance, Azizah Salsha Jago Main 7 Olahraga Ini

Salah satu olahraga yang cocok buat membakar lemak dan seru adalah calisthenics. Olahraga yang satu ini melibatkan sebagian besar, bahkan seluruh tubuh. Cukup praktis juga karena bisa dilakukan tanpa menggunakan alat, karena memanfaatkan tubuh kita sendiri sebagai beban.

Calisthenics pun punya banyak variasi agar kita tidak gampang boring, baik dari sisi gerakan maupun kecepatan gerak yang bisa kita improvisasi.

Kunci konsisten olahraga

Sebaikny,  tentukan small goals dulu tapi spesifik. Misalnya, ingin bisa push up, ingin mengenakan pakaian dengan size yang lebih kecil, ingin bisa berlama-lama menggendong anak tanpa sakit punggung, dan sebagainya.

"Dari small goals tersebut, kita bisa upgrade terus goals-nya ketika telah berhasil achieve atau unlock salah satunya,” ujar Rendra.

Biar tambah semangat, ikuti irama musik

Mendengarkan musik saat berolahraga ternyata dapat menjadi penyemangat yang efektif. Bahkan menurut Rendra, berolahraga calisthenics sambil mengikuti irama musik membuat setiap gerakan menjadi lebih fun dan nggak gampang bosan. Namun, pemilihan earbuds hendaknya juga tidak sembarangan.

"Berolahraga sambil mendengarkan musik menggunakan earbuds memang menyenangkan, namun penting untuk memastikan kita harus tetap bisa dengar suara di sekitar, nggak gampang lepas, dan pastinya harus nyaman di telinga," kata Rendra.

Inilah yang menjadi keunggulan Bose Ultra Open Earbuds. Produk ini diklaim dapat memenuhi kebutuhan masyarakat modern yang ingin menikmati dentuman musik yang imersif saat mendengarkan musik di mana pun, namun tetap dapat aware terhadap suara sekitar, serta dapat memberi kenyamanan ekstra, berkat cara penggunaannya yang tidak menutup maupun masuk ke dalam lubang telinga.

Perangkat audio ini pun tahan percikan air, sehingga aman dikenakan di luar ruangan saat cuaca kurang bersahabat dan ketika berkeringat.

Letakkan hape dan mulai berolahraga!

Nggak perlu pegang hape terus-terusan saat berolahraga. Dengan teknologi Bluetooth 5.3, Bose Ultra Open Earbuds memiliki koneksi yang stabil hingga jarak 9,1m.

Baca Juga: Azizah Salsha Jago Pole Dance, Simak 5 Fakta Menarik Olahraga Ini

Berkat fitur Auto Volume yang tersedia di Bose Music App, suara musik dengan keadaan sekitar bisa otomatis disesuaikan tanpa perlu mengakses perangkat yang tersambung. Ada pula mode Quick Switch yang bisa langsung mengubah output suaranya ke perangkat mana saja hanya dengan 1x shortcut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI