Setiap Hari Konsumsi Minuman Serat untuk Diet, Boleh atau Tidak? Ini Kata Dokter

Apakah minuman serat untuk diet aman dikonsumsi setiap hari?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 13 Mei 2024 icon 14:30 WIB
Setiap Hari Konsumsi Minuman Serat untuk Diet, Boleh atau Tidak? Ini Kata Dokter

Ilustrasi perempuan mengonsumsi minuman kolagen (Freepik/jcomp)

Konsumsi serat semakin populer di kalangan mereka yang ingin diet untuk menurunkan berat badan. Namun, apakah minuman ini aman untuk dikonsumsi setiap hari?

Minuman fiber yang kaya serat biasanya membuat tubuh kenyang lebih lama. Oleh karenanya, banyak orang menganggapnya efektif untuk mengendalikan nafsu makan.

Dokter Spesialis Gizi Dermaster Clinic Indonesia, dr. Christopher Andrian, M.Gizi,Sp.GK memaparkan, cara kerja minuman serat selaiknya vitamin. Ini adalah suplemen serat tambahan untuk menunjang kebutuhan gizi sehari-hari, utamanya jika makanan yang dikonsumsi cenderung rendah serat.

Baca Juga: Sukses Diet, Aaliyah Massaid Akui Pernah Jalani Pola Makan Ekstrem

Ilustrasi minuman sehat, smoothie. (Pixabay/NatureFriend)
Ilustrasi minuman sehat, smoothie. (Pixabay/NatureFriend)

"Lihat lagi komposisinya, kalau lihat minuman serat itu suplementasi fiber atau serat, tambahan serat. Kalau kita tidak bisa dapat serat di makanan sehari-hari, buat bantu pup lebih lancar, itu serat, boleh-boleh aja," ujar sang dokter, dilansir dari Suara.com.

Soal konsumsi setiap hari untuk menurunkan berat badan, dr. Christopher mengingatkan untuk lebih cermat. Hal ini terlebih karena banyak minuman fiber yang malah tinggi gula.

"Kadang-kadang ada beberapa suplementasi serat tinggi gula, jadi harus dilihat. Jangan sampai kita diet mau hindari gula, malah minuman suplemen serat yang tinggi gula," paparnya.

Baca Juga: Manfaat Minum Susu Oat, Naura Ayu: Bikin Lebih Semangat!

Menurut dr. Christopher, pentingnya pejuang diet seperti pasien obesitas perlu benar-benar memahami kondisi tubuh masing-masing, termasuk kadar lemak, air, dan massa otot. Dengan begitu,  dokter gizi bisa menyesuaikan pola makan dan asupan makan yang tepat.

Setiap pola makan untuk diet, lanjut dr. Christopher, jenis olahraga maupun asupan vitamin yang tepat setiap orang tak bisa disamaratakan.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan kebutuhan serat harian untuk menjaga kesehatan adalah sekitar 25-30 gram pada orang dewasa.

Baca Juga: Badan Melar Setelah Lebaran? Segera Terapkan 5 Tips Sehat Ini

Serat merupakan bagian penting dari pola makan sehat. Perannya tidak hanya membantu menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga mengendalikan kadar gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga mencegah obesitas. Jumlah kebutuhan serat pada setiap orang bisa sangat bervariasi, tergantung usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI