Ketahui Perbedaan Susu Steril dan UHT, Mau Pilih yang Mana?

Inilah perbedaan antara susu steril dengan UHT.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 19 Mei 2024 icon 20:30 WIB
Ketahui Perbedaan Susu Steril dan UHT, Mau Pilih yang Mana?

Ilustrasi perempuan suka minum susu (Freepik/jcomp)

Apakah kamu masih kesulitan membedakan antara susu steril dan UHT? Keduanya memang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk orang-orang dengan gaya hidup aktif. 

General Manager Marketing Indomilk Susu Cair dan Susu Bubuk Dairy Division Indofood CBP, Vanda Ratana memaparkan perbedaaan dua jenis susu ini.

Seperti namanya, susu steril adalah susu sapi yang telah melewati tahap sterilisasi. Dalam prosesnya, susu dipanaskan dengan suhu 110-120 derajat Celsius dengan durasi 20-40 menit sehingga terbebas dari patogen atau kuman yang bisa membahayakan tubuh.

Baca Juga: Ragam Manfaat Susu Kacang Mede untuk Kesehatan, Cocok buat Bumil dan Busui!

"Itu sebabnya susu steril seringkali memakai kemasan kaleng, karena bisa bertahan lebih dari 6 bulan tanpa mengalami kerusakan atau perubahan rasa," ujarnya dalam peluncuran kampanye "Click to get Riil!" Indomilk Steril beberapa waktu lalu, dilansir dari Suara.com.

Susu UHT atau ultra high temperature berbeda dengan susu steril. Proses susu jenis ini ini menggunakan suhu yang tinggi, tetapi dalam periode singkat, yakni cuma beberapa detik. 

Suhu yang dipakai juga lebih tinggi ketimbang susu steril, yakni 135-150 derajat Celsius. Periode yang sangat singkat bertujuan meminimalkan kerusakan nutrisi pada makanan akibat pemanasan dengan suhu tinggi.

Baca Juga: Butter Blend Semakin Disukai, Ternyata Ini Kelebihannya

Alhasil, susu tetap mengandung beragam nutrisi, seperti kalsium, protein, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin D. Semua kandungan itu tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

"Kami menyadari bahwa anak muda dengan rentang usia 25-35 tahun identik sebagai generasi yang sangat produktif dalam melakukan kegiatan mereka sehari-hari," kata Vanda Ratana.

Baca Juga: Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Dia juga mengatakan, "Dengan rutin mengonsumsi susu steril di pagi hari sebelum beraktivitas bermanfaat karena nutrisi yang terkandung dalam susu steril dapat meningkatkan daya tahan tubuh."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI