Sendok Ikut Dimasak Bikin Daging Cepat Empuk, Ternyata Cuma Mitos?

Mitos atau fakta? Benarkah sendok bisa membuat daging cepat empuk saat dimasak?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 18 Juni 2024 icon 19:00 WIB
Sendok Ikut Dimasak Bikin Daging Cepat Empuk, Ternyata Cuma Mitos?

Sajian semur daging sapi (Freepik)

Salah satu momen yang dirindukan pada perayaan Iduladha adalah memasak daging kurban menjadi berbagi hidangan lezat. Menu yang umumnya jadi favorit adalah sate, rendang, tongseng, dan berbagai olahan daging sapi maupun kambing lainnya.

Hanya saja, daging yang dimasak kadang terasa kurang nikmat karena teksturnya alot dan keras. Sebagai upaya membuat daging lebih empuk, berbagai upaya pun dilakukan, misal memasaknya bersama sendok.

Tak sedikit orang yang meyakini jika memasak daging bersama sendok aluminium bakal membuat hasilnya lebih empuk. Benarkah demikian?

Baca Juga: Menu Iduladha 2024, Ini 5 Resep Olahan Daging Kurban Tanpa Santan

Sajian semur daging sapi (Freepik)
Sajian semur daging sapi (Freepik)

Melansir The Star, perlu diketahui bahwa tidak ada penelitian ilmiah yang menyebut bahwa memasukkan sendok ke dalam masakan bisa membuat daging empuk. Kandungan logam pada sendok tidak berperan dalam melunakkan daging.

Jika logam memang bisa bantu melunakkan daging, memasak dengan panci mestinya juga sudah cukup. Itulah mengapa info tentang sendok yang membuat daging lebih cepat empuk tidak memiliki bukti ilmiah.

Alih-alih mengandalkan sendok, kamu bisa menggunakan bumbu atau bahan makanan tertentu seperti jahe hingga pepaya, utamanya pada proses marinasi daging. 

Baca Juga: 20 Twibbon Hari Raya Iduladha 2024, Banyak Pilihan Desain Menarik

Hal tersebut dilakukan untuk bantu memecah kolagen pada daging sehingga membuatnya menjadi empuk. Kamu juga bisa menumbuk daging untuk memecah jaringan serat ikat dan kolagen.

Baca Juga: 10 Ucapan Selamat Hari Raya Iduladha 2024, Cocok untuk Status Media Sosial

Faktor lain yang mungkin berpengaruh adalah lamanya memasak daging. Sangat disarankan untuk memasaknya dengan api kecil dan dalam waktu lama. Langkah ini akan membantu membuat kolagen pada daging menjadi gelatin sehingga terasa lebih empuk saat dikonsumsi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI