4 Novel tentang Olahraga, Inspirasi Hidup Sehat Berprestasi

Berikut beberapa rekomendasi bacaan fiksi yang mengusung tema olahraga

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 24 Juni 2024 icon 19:00 WIB
4 Novel tentang Olahraga, Inspirasi Hidup Sehat Berprestasi

Olahraga basket. (Pixabay/Schorsch)

Banyak orang senang berolahraga untuk menjaga kebugaran fisik maupun kesehatan mental. Olahraga juga telah menjadi tren gaya hidup sehat yang kembali naik daun.

Kamu suka membaca novel dan ingin mencari kisah-kisah seru terkait olahraga? Ada beberapa buku dari platform baca dan menulis Cabaca yang cocok untukmu.

Overtones

Baca Juga: Erina Gudono Rutin Olahraga Jalan Kaki, Ini Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Kisah yang berkaitan dengan olahraga futsal ini dikemas dengan genre fantasi. Novel karya Kaka HY tersebut menceritakan Kani yang tergabung dalam klub futsal putri.

Meskipun sudah bukan anggota resmi lagi, ia tidak ingin klub futsal putri dinonaktifkan. Perjuangan Kani untuk mempertahankan klub dipersulit dengan ulah klub sepak bola putra yang dipimpin oleh Mahesh si cowok angkuh. Kani tidak pernah gentar, ia menerima tantangan Mahesh untuk duel bola. 

Disaksikan oleh pohon beringin angker, keduanya pun duel bertanding dengan penuh ambisi. Hanya saja, masalahnya bukan siapa yang menang. Keesokan harinya saat keduanya terbangun, jiwa Mahesh dan Kani tertukar. 

Baca Juga: Olahraga Malam Bantu Mengontrol Gula darah, Siap Buktikan?

Querencia

Karya Yunia Christy ini cocok untuk penggemar olahraga basket. Uniknya, novel ini mengulik olahraga basket dari sudut pandang YouTuber. 

Mengisahkan Satria yang berteman dengan Agnes sejak kecil. Rumah mereka yang berdekatan membuat keduanya sering menghabiskan waktu bersama. Satria sudah menyukai Agnes sejak lama, tapi Agnes selalu mengabaikannya. 

Setelah mereka duduk di bangku SMK pun, Satria terus mengejar Agnes. Ia juga sering membuat video khusus tentang Agnes yang diunggahnya melalui saluran YouTube yang ia miliki.

Namun, sejak ada Rizal, sang kakak kelas yang naksir Agnes dan mencuri hatinya, membuat Satria harus rela dan memperjelas jika ia hanya dianggap sahabat saja oleh Agnes. Lalu, siapa yang akan dipilih Agnes?

Rebound

Novel karya Achi TM ini mengisahkan tentang Dian yang menghadapi rintangan saat sang ibu bersikeras menjodohkannya dengan anak bos papanya bernama Eddy. Bahkan, Dian dijanjikan akan dibiayai pendidikannya hingga kuliah.

Dian menolak. Dia tidak tertarik meskipun Eddy terus mendekatinya, sedangkan dirinya lebih suka bermain basket.

Namun, dunia basket yang digemarinya juga begitu rumit. Jilbab yang dipakai Dian demi menjunjung syariat agama justru menghalanginya turun ke lapanga. Ada pula kecelakaan kecil dengan jilbabnya yang membuat kepalanya terluka hingga ejekan yang ia terima. 

Tidak tahan dengan berbagai tekanan, Dian pun memutuskan untuk melepas jilbabnya dan mengganti dengan kupluk. Tepatkah keputusan yang Dian buat? Lalu, bagaimana nasib perjodohannya dengan Eddy? 

I’m Counting on You

Kali ini ceritanya berpusat pada olahraga voli karya Geana Kim. Dikisahkan Theo Gregory memutuskan untuk meninggalkan dunia voli yang tidak lagi memberikan kebahagiaan padanya dan malah menyebabkan sebuah tragedi yang menimpa kakaknya. 

Di sisi lain, Gavin Willian yang merupakan ace andalan dan pemain berbakat sangat mengandalkan Theo dalam permainan. Namun, kini Gavin tidak bisa lagi menemani Theo menghadapi sisi kelam dunia voli. 

Suatu ketika, Theo memutuskan untuk melompat dari rooftop rumah sakit, namun berhasil digagalkan oleh seorang perempuan misterius. Anehnya, sosok asing itu tampak tahu dan berkaitan dengan segalanya. Mulai dari dapat merasakan penderitaan Theo, mengenal Gavin, dan bahkan Theo menyadari jika perempuan misterius ini juga diandalkan oleh Gavin dalam permainan Voli. 

Baca Juga: Erina Gudono Tetap Rajin Olahraga, Ini Manfaatnya untuk Ibu Hamil

"Tak hanya di lingkup atlet atau untuk keperluan kompetisi, olahraga sebaiknya dilakukan semua orang. Banyaknya novel di Cabaca tentang olahraga ini menunjukkan kesadaran berolahraga masyarakat Indonesia memang meningkat," jelas Fatimah Azzahrah, Co-Founder Cabaca, dikutip dari siaran pers yang diterima Dewiku.com.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI