Cara Menyimpan Sayur di Kulkas, Segarnya Lebih Tahan Lama

Bagaimana cara menyimpan sayur di dalam kulkas yang benar?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 27 Juni 2024 icon 16:00 WIB
Cara Menyimpan Sayur di Kulkas, Segarnya Lebih Tahan Lama

Ilustrasi sayur kangkung (Freepik/topntp26)

Banyak orang bingung saat ingin membeli sayur dalam jumlah banyak. Ini karena mereka takut tidak bisa menyimpannya dengan benar sehingga sayur malah jadi cepat layu atau bahkan busuk sebelum dimasak.

Perkara cara menyimpan sayur di kulkas atau lemari pendingin memang lumayan tricky. Ini tak terkecuali saat membeli sayur yang umumnya terbungkus plastik di supermarket.

Executive Chef Amuz Restaurant, Chef Gilles Marx mengatakan, sesaat setelah sampai rumah, sebaiknya segera keluarkan sayur dari plastik. Dia juga menyarankan pakai spons yang sedikit dibasahi agar memberikan kelembapan pada sayur, tetapi tidak berlebihan.

Baca Juga: Belajar dari Shireen Sungkar. Seberapa Sering Kulkas Harus Dibersihkan?

"Taruh sayur di dalam chiller yang biasanya Anda simpan di laci paling bawah, keluarkan dari plastik. Anda bisa menaruh spons kecil yang diberi sedikit air, jadi ada sedikit kelembapan tapi tidak terlalu banyak," ucap Chef Gilles dalam acara "Taste and Create with Australia 2024" di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, dilansir dari Suara.com.

Sayur pare (Pixabay/Alexandra Tianu)
Sayur pare (Pixabay/Alexandra Tianu)

Walau begitu, Chef Gilles rupanya tetap tidak menyarankan untuk menyimpan sayur lebih dari sepekan di kulkas. Pasalnya, sayur atau buah tetap beresiko rusak jika disimpan terlalu lama.

"Jika tidak, sayuran akan rusak seiring berjalannya waktu, jadi lebih segar lebih baik, lebih segar lebih banyak vitamin," tuturnya.

Baca Juga: Apa Itu Archipelago Black Box Battle? Pertarungan Sengit Chef Profesional

Menurut Chef Gilles, sebaiknya belanja buah dan sayur setiap 3-5 hari sekali. Jadi, stok sayuran dan buah yang disantap tetap segar dan memberikan manfaat secara optimal bagi kesehatan tubuh.

"Ketika Anda membeli selama 2 minggu, sayuran itu tidak baik. Supermarket umumnya akan memperbaharui produk sayuran segarnya 2 kali seminggu, jadi tidak perlu khawatir," kata sang chef.

Baca Juga: 5 Resep Sayur Enak untuk Sahur, Bikinnya Nggak Ribet

"Lebih baik Anda pergi dan membeli 2 kali seminggu atau paling tidak minimal 1 kali seminggu," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI