Punya Hewan Peliharaan? Ini 3 Tips Praktis Jaga Kebersihan Rumah

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar rumah tetap bersih dan sehat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 01 Juli 2024 icon 19:00 WIB
Punya Hewan Peliharaan? Ini 3 Tips Praktis Jaga Kebersihan Rumah

Bersama anjing kesayangan. (Shutterstock)

Riset menunjukkan bahwa adopsi hewan peliharaan di rumah dapat berdampak positif terhadap kesehatan pemiliknya, termasuk meningkatkan kesehatan mental maupun kesehatan personal.

Namun, ada risiko rumah jadi kotor, salah satunya akibat bulu-bulu hewan peliharaan yang rontok. Hewan peliharaan juga kadang membawa kuman yang dapat membuat penghuni rumah mengalami sakit, terutama anak-anak, lansia, atau mereka yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

"Menjaga kebersihan rumah bagi mereka yang adopsi hewan peliharaan bukanlah persoalan rumit. Dengan cara dan perangkat yang tepat, Anda dapat menghadirkan rumah bersih dan sehat," kata Jimmy Tjan, Head of Home Appliances Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, dikutip dari siaran pers yang diterima Dewiku.com, belum lama ini.

Baca Juga: Bingung Beli Makanan Kucing Berkualitas? Simak Tips dari Nagita Slavina

Berikut adalah cara mudah menjaga kebersihan dan kesehatan rumah bagi mereka yang adopsi hewan peliharaan:

Jaga kebersihan dan kesehatan anabul

Kamu tentu harus bertanggung jawab atas kebersihan dan kesehatan peliharaan. Sebab, menjaga kesehatan hewan peliharaan adalah salah satu cara untuk menghadirkan rumah bersih dan sehat, termasuk demi melindungi kesehatan penghuninya. 

Baca Juga: Tes Kepribadian: 6 Hewan Peliharaan Ini Gambarkan Karakter Pemiliknya

Buat area khusus untuk hewan peliharaan agar kotoran dan bulu terpusat di satu tempat. Bersihkan kaki hewan peliharaan setelah mereka bermain di luar. Penting juga untuk melatih hewan peliharaan menggunakan tempat buang air khusus supaya tidak buang kotoran di mana-mana.

Jadwalkan pembersihan rutin

Bulu-bulu hewan peliharaan bisa saja menempel pada furnitur, karpet, dan pakaian, atau bertebaran di lantai. Sebaiknya tetapkan jadwal pembersihan rumah, baik harian dan mingguan. Tujuannya adalah mencegah penumpukan kotoran dan bulu di rumah.

Kamu bisa menggunakan Samsung POWERstick vacuum yang diklaom mampu membersihkan ruangan secara menyeluruh dari bulu-bulu dengan daya hisap 3 kali lebih kuat daripada model konvensional.

Gunakan juga Samsung Robot Vacuum Cleaner yang dapat menyedot sekaligus mengepel lantai dengan takaran air yang tepat. Menariknya, ini bisa dikendalikan dari jauh, bahkan saat kamu tidak sedang berada di rumah.

Singkirkan bakteri dan bau

Pastikan ada ventilasi yang baik untuk mengurangi bau dan memastikan sirkulasi udara yang sehat. Bisa juga berinvestasi pada perangkat air purifier untuk bantu memurnikan udara dari berbagai polutan, bakteri, dan bau.

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Rumah Angker, Maknanya Jelas Horor Juga?

Contohnya Samsung Air Purifier AX60 yang punya fitur 3 Way Air Flow untuk memurnikan udara di area yang lebih luas di rumah dengan lebih cepat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI