Tips Masak Steak Enak ala Chef Yuda Bustara, Lezat dan Tetap Sehat

Ingin makan steak enak tetapi tetap sehat? Simak tips dari Chef Yuda Bustara.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 03 Juli 2024 icon 20:30 WIB
Tips Masak Steak Enak ala Chef Yuda Bustara, Lezat dan Tetap Sehat

Ilustrasi sajian steak daging sapi (Freepik/timolina)

Banyak orang menganggap makan olahan daging merah seperti steak tidak cocok untuk gaya hidup sehat. Padahal, steak tetap bisa jadi makanan enak yang tetap sehat jika diolah dengan baik dan tepat.

Chef Celebrity, Yuda Bustara memaparkan sejumlah kiat memilih dan mengolah daging agar sajian steak tetap sehat. Pertama, dia menyarankan pemilihan daging yang mengandung sedikit lemak. Maksudnya, ketika ingin makan steak daging, tidak perlu menyertakan bagian lemaknya.

"Kalau mau makan daging steak tapi yang healthy, itu cari yang nggak ada lemaknya. Jadi, biasakan diri untuk tidak makan bagian lemaknya," ungkap Yuda Bustara dalam konferensi pers Steak Hotel by HOLYCOW! Kitchen Takeover, Selasa (2/7/2024) kemarin, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Jago Masak, 5 Zodiak Ini Sering Jadi Koki Dadakan

"Kalau seasoning-nya itu, baiknya kalau sudah pakai daging yang umami dan gurih, biasanya garam sama merica aja udah cukup," imbuhnya.

Yuda Bustara juga menyorot pentingnya mengetahui perbedaan jenis daging yang dimasak. Daging meltique disebut kurang sehat karena adanya proses injeksi minyak dan lemak. Jauh lebih sehat jika daging yang dikonsumsi grass fed.

“Orang harus tahu meltique apa, itu sebenarnya daging diinjeksi minyak atau lemak, membuat rasa lebih juicy, tapi itu bisa bikin eneg. Sama saja kamu makan lemak. Jadi semakin banyak marbling, berarti semakin banyak lemak," terang Yuda Bustara.

Baca Juga: Cara Mencairkan Daging Beku, Simak Tips dari Chef Yuda Bustara

Kandungan baik dalam daging grass fed rupanya digunakan Yuda Bustara dalam kolaborasinya dengan Steak Hotel by HOLYCOW! Dia membuat menu Organic Grass Fed Sirloin Steak with Creamy Andaliman Sauce.

Baca Juga: Mencicipi Masakan saat Puasa Bikin Batal atau Tidak? Simak Penjelasan Berikut

"Kolaborasi dengan Chef Yuda Bustara adalah bentuk eksplorasi kami dalam penggunaan daging steak pilihan, melalui menu terbaru Organic Grass Fed Sirloin Steak with Creamy Andaliman Sauce yang menggunakan daging steak organik yang lebih sehat dan semakin diminati pelanggan," kata founder Steak Hotel by HOLYCOW!, Wynda Mardio.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI