5 Manfaat Sayur Oyong, Ternyata Cocok untuk Diet

Ada banyak manfaat sayur oyong untuk kesehatan. Apa saja?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 10 Juli 2024 icon 21:00 WIB
5 Manfaat Sayur Oyong, Ternyata Cocok untuk Diet

Sajian sayur oyong (YouTube/wan noor)

Banyak orang senang makan masakan yang salah satu bahannya adalah sayur oyong. Namun, tahukah kamu manfaat sayur oyong untuk kesehatan?

Sayur oyong mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin, mangan, kalium, magnesium, zat besi, hingga fosfor. Melansir Suara.com, berikut berbagai manfaat sayur oyong?

1. Baik untuk penderita asam urat

Baca Juga: Cara Menyimpan Sayur di Kulkas, Segarnya Lebih Tahan Lama

Kombinasi karbohidrat, vitamin B1, vitamin C, kalsium, zat besi, dan fosfor ampuh meringankan asam urat. Bisa juga bantu mengatasi peradangan sehingga kadar asam urat dapat lebih dikontrol dan tak menimbulkan pembengkakan.

2. Cocok untuk diet

Oyong kaya serat dan air serta termasuk sayuran rendah lemak jenuh. Oleh karenanya, konsumsi oyong bisa membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 5 Resep Sayur Enak untuk Sahur, Bikinnya Nggak Ribet

3. Bantu meringankan sinusitis

Pada beberapa produk homeopati yang bantu meringankan gejala sinusitis terdapat kandungan ekstrak oyong, lungmoss, dan kalium. 

4. Lawan mikroba penyebab penyakit

Pada pengobatan tradisional India, oyong diyakini bisa membantu melawan berbagai mikroba penyebab infeksi, jamur, bakteri, hingga virus. Oyong yang dijadikan bubuk mengandung metanol dan etil asetat yang dipercaya berperan dalam melawan bakteri dan mikroba jahat.

5. Anti radang alami

Sayur oyong juga memiliki sifat anti radang alami, utamanya pada bagian biji yang umumnya turut dimasak saat mengolah sayur ini. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid dan asam fenolik.

Baca Juga: Tips Membuat Smoothies yang Sehat Tanpa Memberi Campuran Gula

Itulah berbagai manfaat sayur oyong untuk kesehatan. Walau begitu, tentu saja khasiatnya bisa didapat jika mengonsumsi dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan serta dibarengi dengan menerapkan pola hidup sehat. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI