5 Buah Ini Cocok untuk Diet, Kaya Serat dan Rendah Gula

Ada cukup banyak buah cocok dikonsumsi saat diet untuk menurunkan berat badan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 11 Juli 2024 icon 09:00 WIB
5 Buah Ini Cocok untuk Diet, Kaya Serat dan Rendah Gula

Makan buah alpukat. (Unsplash/Olesia Buyar)

Saat menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, banyak orang memperbanyak konsumsi buah. Namun, nyatanya tidak semua buah cocok untuk diet.

Sebaiknya pilih buah rendah kalori dan tidak mengandung gula yang terlalu tinggi saat diet. Buah apa saja yang aman dikonsumsi? Melansir Suara.com, berikut beberapa di antaranya.

1. Alpukat

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Lontar, Camilan Diet Sehat Prilly Latuconsina

Alpukat memang terkenal sebagai salah satu buah yang cocok untuk diet sehat. Pasalnya, sekitar 82% kalori di dalam buah ini berasal dari lemak baik yang mampu memberi rasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengontrol nafsu makan.

2. Jeruk Bali

Konsumsi jeruk bali atau pomelo bisa bantu mengurangi lemak tubuh, lingkar pinggang, hingga tekanan darah. Jeruk bali juga termasuk buah yang mempunyai indeks glikemik rendah sehingga lebih lambat dalam melepaskan gula ke aliran darah.

Baca Juga: Menu Diet Prilly Latuconsina, Berat Badan Sukses Turun 12 Kilogram

3. Jeruk

Konsumsi buah kaya vitamin C seperti jeruk juga dapat mengurangi rasa lapar dan menurunkan asupan kalori. Bahkan, makan jeruk setelah makan berat bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi.

4. Buah Lontar

Belum lama ini, Prilly Latuconsina berbagi video tentang apa saja yang dia makan saat diet. Salah satunya adalah buah lontar.

"Aku makan buah lontar karena ini kalorinya juga nggak banyak dan buahnya juga nggak terlalu manis," ujar Prilly lewat unggahannya di TikTok.

Buah lontar memang bagus dikonsumsi saat diet karena kaya serat. Kadar gula dalam buah lontar juga lebih rendah sehingga cocok dijadikan camilan bagi penderita diabetes atau orang yang sedang diet.

5. Pir

Baca Juga: Minuman Serat Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Diet?

Pir juga termasuk buah kaya serat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Itulah mengapa pir cocok dimakan saat diet.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI