8 Tanda Lingkungan Kerjamu Sudah Nggak Sehat Lagi

Saatnya bersiap untuk resign.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 23 Juli 2018 icon 20:00 WIB
8 Tanda Lingkungan Kerjamu Sudah Nggak Sehat Lagi

Lingkungan kerja/Pexels.com

Berada pada lingkungan kerja yang kondusif tentu bakal membuat kerja makin produktif. Namun, lingkungan kerja juga bisa jadi penyumbang stres terbesar bagi hidupmu. Apalagi kalau lingkungan kerjamu sudah nggak sehat alias beracun.

Dilansir dari Inc.com, berikut 8 perilaku kerja nggak sehat yang perlu kamu tahu.

Lingkungan kerja/Pexels.com
Lingkungan kerja/Pexels.com

1. Karyawan melanggar kebijakan perusahaan

Baca Juga: Pekerja Keras, Zodiak Ini Butuh Liburan Segera!

Para pekerja ini nggak menghargai bisnis dengan berulang kali melanggar kebijakan tertulis perusahaan. Hal-hal seperti mencuri dari perusahaan, berbagi informasi eksklusif, terlibat dalam praktik diskriminatif, penindasan, atau pelecehan seksual menjadi hal lumrah.

2. Karyawan nggak dapat diandalkan

Mereka adalah karyawan yang sering melewatkan deadline, sering datang terlambat dan pulang lebih awal, dan secara misterius nggak ada di tempat. Mereka nggak bisa diandalkan untuk melakukan pekerjaan yang baik, dan kamu pun enggan mempercayai mereka.

Baca Juga: Pekerjaan Ini Bergaji Tinggi dengan Tingkat Stress yang Rendah!

3. Karyawan adalah pemain tim yang buruk

Mereka bertindak keras kepala, cengeng, atau defensif dan menyulitkan rekan kerja untuk menyelesaikan pekerjaan. Beberapa bertindak seolah-olah mereka tahu semuanya tapi nggak bisa mendengarkan feedback. Sedangkan yang lain hanya bisa mengeluh sampai-sampai nggak ada yang mau bekerja dengan mereka.

Lingkungan kerja/Pexels.com
Lingkungan kerja/Pexels.com

4. Karyawan saling menjelek-jelekkan

Pekerja secara terang-terangan menunjukkan ketidakbahagiaan mereka dengan bergosip setelah pertemuan, mengkritisi manajemen dan arah perusahaan. Biasanya, pekerja yang seperti ini masa kerjanya akan segera berakhir dan mereka bakal keluar dengan menyebarkan desas-desus negatif satu sama lain.

5. Karyawan nggak peka pada perubahan

Karena dunia terus berevolusi dan membutuhkan adaptasi berkelanjutan, karyawan yang nggak peka pada perubahan alias kolot dijamin bakal usang dan gagal. Kabar buruknya, mereka mungkin juga membawa rekan kerjanya gagal bersama.

6. Manajemen beroperasi melalui birokrasi

Maksudnya, ada terlalu banyak tingkat persetujuan dan manajemen untuk menyelesaikan sesuatu. Ribet dan lambat.

Lingkungan kerja/Pexels.com
Lingkungan kerja/Pexels.com

7. Manajemen nggak mampu berkomunikasi dengan jelas

Karyawan nggak tahu apa yang sebenarnya terjadi dan nggak ada yang tahu bagaimana kebenarannya dari situasi atau masalah tertentu, baik yang sedang terjadi maupun yang mungkin akan terjadi di masa depan. Ini menyebabkan kebingungan, ketakutan, dan kecemasan di benak para pekerja.

8. Manajemen memiliki sedikit atau nol perhatian untuk keseimbangan kehidupan kerja

Baca Juga: Terkenal Disiplin, Enam Zodiak Ini Bakal Sukses di Usia Muda!

Kehidupan pribadi atau keluarga karyawan harus dikorbankan untuk pekerjaan itu. Hal ini biasanya dibuktikan oleh 50 jam kerja lembur, sedikit atau nggak ada jatah liburan, dan kesediaan 24/7 untuk bekerja.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI