Relationship

Biar Hubungan Awet, Baiknya Hindari Hal Berikut

Biar hubungan nggak kandas si tengah jalan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Unsplash)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Unsplash)

Dewiku.com - Semua pasti setuju bahwa mempertahankan hubungan agar bisa awet bukanlah hal yang mudah, apalagi kalau menaikkan status dari pacaran ke pernikahan.

Kamu pasti nggak mau kan hubungan yang sudah dibangun bertahun-tahun harus kandas di tengah jalan? Untuk itu, sebaiknya hindari 4 hal ini biar hubungan kalian awet.

1. Jangan bahas mantan

Kalau sudah berkomitmen untuk memiliki sebuah hubungan yang serius, sebaiknya jangan lagi mengungkit masalah mantan dan mengkhawatirkannya.

Fokus saja pada rencana yang ingin digapai bersama pasangan. Kalau nengok ke masa lalu terus, kapan majunya?

Ilustrasi mendadak ingat mantan. (Pixabay)
Ilustrasi mendadak ingat mantan. (Pixabay)

2. Terbuka

Banyak pasangan yang memilih memendam perasaannya sehingga masalah nggak kunjung selesai. Itu bagai menunggu bom waktu. Sebab, salah satu pihak bisa saja akan meledakkan amarahnya di akhir dan menyudahi hubungan.

Maka dari itu, ungkapkanlah apa yang kamu rasakan tentang situasi apa pun. Mungkin di awal cukup sulit untuk terbuka seutuhnya dengan pasangan, apalagi jika topiknya rumit.

Namun, semakin rumit perasaan yang diungkapkan dengan pasangan, maka kamu akan semakin tahu bagaimana melewatinya dengan pasangan.

3. Hindari perkelahian kecil

Perkelahian sudah pasti nggak bisa dihindari, tapi bukan berarti nggak bisa diatasi, terlebih perkelahian kecil karena hal sepele.

Sebaiknya untuk menghindari masalah berlanjut, bicarakan secara langsung biar nggak terjadi kesalahpahaman dan memicu perkelahian yang lebih besar.

Ilustrasi pasangan kekasih bertengkar. (Unsplash)
Ilustrasi pasangan kekasih bertengkar. (Unsplash)

4. Berbagi ruang

Menjalin hubungan bukan berarti ke mana-mana harus selalu berdua. Ingat,setiap individu butuh ruang sendiri untuk mengembangkan diri alias 'me time'.

Kalau memutuskan untuk berkomitmen dalam hubungan jangka panjang, sebaiknya buat kesepakatan apa saja yang boleh dan nggak boleh dilakukan berdua. Hal itu perlu agar terhindar dari kesalahpahaman yang berujung perkelahian.

Berita Terkait

Berita Terkini