Ingin Pasangan Lebih Kalem? Coba Berpelukan setelah Bertengkar

Sebuah pelukan punya efek menenangkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 06 Oktober 2018 icon 14:00 WIB
Ingin Pasangan Lebih Kalem? Coba Berpelukan setelah Bertengkar

Berpelukan setelah bertengkar punya efek menenangkan. (Unsplash/João Silas)

Pernah melihat adengan pasangan berpelukan setelah bertengkar di drama atau film? Atau, malah pasanganmu punya kebiasaan memelukmu saat bertengkar? Ternyata, tindakan sederhana ini bukan hanya manis tapi juga banyak manfaatnya.

Berpelukan setelah bertengkar bukan hal mudah. Salah satu pihak mungkin akan memberontak dan lanjut marah-marah. Namun, tim peneliti dari Carnegie Mellon University menyebut pelukan seperti itu bisa memberikan efek menenangkan.

Dilansir dari Daily Mail, tim peneliti mempelajari 404 pria dan wanita setiap malam selama 14 hari berturut-turut. Hasilnya, sentuhan penuh kasih memiliki efek menenangkan bagi saraf sehingga menghilangkan berbagai perasaan negatif.

Baca Juga: Manfaat Berpelukan Seperti yang Dilakukan Jokowi dan Prabowo

Mereka menemukan bahwa memegang tangan bisa meningkatkan suasana hati seseorang setelah konflik dan efeknya bisa bertahan hingga keesokan harinya.

''Sentuhan interpersonal dapat didefinisikan sebagai perilaku sentuhan, misalnya memeluk dan berpegangan tangan, yang digunakan untuk mengomunikasikan kasih sayang atau umumnya dianggap sebagai bentuk kasih sayang,'' ungkap Dr Michael Murphy dari Carnegie Mellon University.

Ilustrasi berpelukan. (Unsplash/Priscilla Du Preez)
Ilustrasi berpelukan. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Argumen dengan orang yang dicintai dapat menyebabkan masalah psikologis maupun fisiologis. Jika terlalu sering terjadi, bisa membangun perasaan cemas, paranoia, kesepian, hingga depresi.

Baca Juga: Cewek Pantang Ucapkan Kata Kasar Ini Ketika Marah dengan Pacar

Menurut Murphy, sentuhan berfungsi sebagai penyangga konsekuensi negatis tersebut. Sentuhan interpersonal dikaitkan dengan rasa aman, dukungan dari pasangan, peningkatan keintiman, kepuasan hubungan, dan penyelesaian konflik yang lebih mudah.

Berpelukan setelah bertengkar dengan pasangan. (Unsplash/Niver Vega)
Berpelukan setelah bertengkar dengan pasangan. (Unsplash/Niver Vega)

''Ada beberapa bukti konvergen yang menunjukkan individu yang lebih sering terlibat sentuhan interpersonal mendapatkan kesehatan fisik, psikologis, dan relasional secara lebih baik,'' kata dia.

Jadi kalau pasangan suka tiba-tiba memelukmu setelah bertengkar, atau bahkan saat kalian masih saling beradu argumen, sebenarnya dia hanya berharap kamu bisa lebih tenang. Harapannya, kalian bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan kepala dingin.

Berpelukan setelah bertengkar terbukti secara ilmiah mampu memberikan emosi positif. 

 

Baca Juga: 4 Alasan Kamu Malas Bertengkar dengan Pacar

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Pelukan Setelah Bertengkar Punya Efek Menenangkan

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI