Relationship

3 Masalah Ini Paling Sering Jadi Pemicu Konflik saat Pacaran

Selingkuh justru tidak masuk urutan 3 besar.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi konflik saat pacaran. (pexels)
Ilustrasi konflik saat pacaran. (pexels)

Dewiku.com - Beda pendapat dan bertengkar dengan pacar pasti pernah dirasakan oleh siapa pun. Nggak menutup kemungkinan, kalian juga mengalaminya. Tapi tahu nggak sih, pemicu utama konflik saat pacaran ternyata bukan urusan perselingkuhan, lho.

Kalau bukan selingkuh, lalu masalah apa? Simak penjelasan berikut, ya.

Suasana hati

Kalian sadar nggak sih, suasana hati sangat ditentukan oleh pekerjaanmu, lho. Kok, bisa? Karena dalam 24 jam, pekerjaan kalian lah yang menyita waktu paling banyak selain tidur. Jadi, baik atau buruknya suasana hati kalian sangat dipengaruhi oleh pekerjaan. Rupanya hal ini bisa merembet hingga hubungan cinta.

Jika kamu sedang mendapat tekanan dalam pekerjaan, kira-kira siapa orang pertama yang terkena imbasnya? Yup, pacar. Kamu akan melampiaskan perasaanmu pada pacar hingga muncul konflik yang tidak sehat untuk hubungan kalian.

Ilustrasi bad mood. (Unsplash/Chriatian Fregnan)
Ilustrasi suasana hati. (Unsplash/Chriatian Fregnan)

Keuangan

Keuangan yang dimaksud di sini bukan uang dalam artian nominal ya, tapi tentang seberapa jujur kalian ketika membicarakan uang dengan pacar. Topik sensitif ini sering terjadi pada pasangan yang yang sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun. Jika salah satu diantara kalian ada yang tidak terbuka, maka perasaan pasanganmu akan sangat terluka karena merasa dibohongi.

Agar terhindar dari konflik saat pacaran, sebaiknya komunikasikan urusan keuangan ini dengan jelas. Ada beberapa opsi keuangan yang bisa kalian pilih, seperti mengatur sendiri-sendiri, mengatur bersama atau membuat rekening gabungan untuk keperluan berdua.

Ilustrasi uang. (Unsplash)
Ilustrasi keuangan. (Unsplash)

Terlalu sibuk

Tahu nggak, konflik karena kesibukan justru jarang menghampiri pasangan yang sama-sama sibuk. Umumnya mereka sudah paham kapasitas sibuknya masing-masing, sehingga pasangan ini mampu mengatasinya dengan baik. Konflik justru sering terjadi jika hanya adalah salah satu pihak yang sibuk minta ampun.

Jadi misal kamu memiliki banyak waktu luang karena sedang menyusun skripsi, tapi pacarmu sudah lulus dan mulai sibuk dengan pekerjaan. Seringnya kamu akan merasa diabaikan dan nggak diperhatikan oleh pacarmu lagi. Iya, kan?

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Pexels/Vera Arsic)
Ilustrasi pasangan bertengkar karena sibuk. (Pexels/Vera Arsic)

Itulah 3 hal yang paling sering jadi pemicu konflik saat pacaran. Jika ingin hubunganmu baik-baik saja, intinya tetap bicarakan semuanya baik-baik dengan pasanganmu, ya.

Berita Terkait

Berita Terkini