Awas, Kelamaan Jomblo Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

Ternyata kesepian ada hubungannya dengan risiko demensia.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 01 November 2018 icon 14:30 WIB
Awas, Kelamaan Jomblo Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

Ilustrasi sendirian. (Pixabay)

Bagi banyak orang menjadi jomblo bukanlah takdir melainkan pilihan. Tapi hati-hati, rupanya kelamaan jomblo bisa memengaruhi kualitas otak.

Dilansir dari Daily Mail Online, belum lama ini sebuah studi menjelaskan bahwa terlalu lama lajang, meskipun dikelilingi orang-orang yang dekat denganmu, ternyata meningkatkan risiko demensia hingga 40%.

Demensia sendiri adalah sebuah sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan dan memahami bahasa, serta menurunnya kecerdasan mental.

Baca Juga: Kesepian, Pria Ini Telepon Polisi Hingga 100 Kali Sehari

Para ilmuwan saat ini tidak menjelaskan secara detail tentang mengapa kesepian bisa menyebabkan demensia. Namun, mereka percaya isolasi sosial dapat memicu peradangan di otak atau bisa membuat seseorang lebih cenderung menjalani gaya hidup yang tidak sehat.

Ilustrasi sendirian. (Pixabay)
Ilustrasi sendirian. (Pixabay)

 

Bersosialisasi juga penting untuk menjaga pikiran tetap terlibat dengan cara yang meningkatkan kesehatan kognitif, kata tim Universitas Negeri Florida.

Baca Juga: Boys, Lima Hal Ini Bikin Kamu Kangen Masa-Masa Jomblo

Para peneliti, yang menganalisis 12.030 orang di atas usia 50, sekarang menekankan bahwa kesepian adalah 'faktor risiko yang dapat meningkatkan demensia'.

Studi ini melibatkan para peserta yang melaporkan tentang bagaimana kesepian dan isolasi sosial yang mereka rasakan, daripada seberapa banyak kontak sosial yang mereka miliki.

Ilustrasi sendirian. (Pixabay)
Ilustrasi sendirian. (Pixabay)

 

Hasil penelitian menyebutkan kesepian meningkatkan risiko demensia seseorang sebesar 40 persen, tanpa memandang jenis kelamin, ras, etnis atau tingkat pendidikan mereka.

Bahkan setelah disesuaikan dengan faktor-faktor seperti orang yang kesepian menjadi kurang aktif atau lebih mungkin merokok, risiko demensia mereka tetap tinggi.

Baca Juga: Ternyata Hal Ini Lho yang Bikin Cowok Betah Jomblo!

Jadi hati-hati ya, Girls. Kalau kelamaan jomblo menimbulkan rasa kesepian dan mulai memperlihatkan efek negatif, sebaiknya mulai bersosialisasilah. Hati sudah kosong, jangan sampai pikiran ikutan kosong!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI