Relationship

Jangan Pendam Sendiri, Ini 5 Alasan Kamu Harus Curhat

Mencurahkan isi hati kepada orang lain bisa meringankan sedikit beban hidup kamu, lho.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi curhat dengan pacar. (Unsplash/Laurine Bailly)
Ilustrasi curhat dengan pacar. (Unsplash/Laurine Bailly)

Dewiku.com - Memang tak semua orang bisa mengutarakan apa yang sedang terjadi atau masalah yang sedang dialami kepada orang lain. Namun, jangan pendam sendiri. Bila terlalu berat, kamu boleh curahkan isi hati kepada orang lain.

Mempunyai kebiasaan memendam masalah bisa berdampak buruk pada psikologis. Berawal dari suka marah-marah sendiri, tiba-tiba ingin menangis, atau bisa membuat dirimu penuh dengan emosi tanpa berpikir logis.

Memendam masalah sendiri itu tak baik, bisa bikin pikiran dan badan jadi makin capek dan nggak sehat. So, di bawah ini ada beberapa alasan mengapa kamu harus curhat kepada orang lain. Check this out!

1. Bisa lebih mencintai diri sendiri

Menumpuk masalah hanya akan membuat pikiran menjadi nggak sehat dan emosi jadi naik-turun. Parahnya lagi, bisa saja emosimu meledak saat waktu dan kondisi yang nggak tepat.

Memilih curhat pada orang lain nggak bakal membuatmu kelihatan lemah. Malah kamu bisa menghargai waktu dan pikiran yang kamu miliki dengan berbagai pikiran dengan orang lain.

2. Jadi lebih dekat dengan teman atau pacar

Saat ingin curhat, tentunya orang yang di dalam pikiranmu kalau nggak pacar ya teman terdekat, kan? Tanpa sadar kamu akan memikirkan mereka karena mereka bisa lebih mengerti dirimu daripada orang lain.

Semakin sering kamu curhat dengan mereka, kamu semakin bisa lebih dekat dengan orang yang kamu sayangi.

Ilustrasi teman cewek. (Unsplash)
Ilustrasi teman cewek. (Unsplash)

 

3. Bisa lebih menghargai orang lain

Terbiasa menyimpan masalah sendiri itu nggak baik lho, Girls. Orang lain akan bingung dengan sikapmu yang kelihatan aneh.

Dengan bercerita kepada orang lain, kamu bisa punya sudut pandang yang baru dan menghargai perhatian dari mereka yang menanyakan keadaanmu.

4. Mendapatkan solusi

Pada umumnya ketika ada masalah, kamu akan mencari tahu bagaimana masalah itu terjadi dan bagaimana menemukan solusinya. Jika kamu curhat kepada orang lain terutama orang-orang di dekatmu, mereka akan memberikan saran dan masukan yang bisa kamu jadikan solusi atas masalah yang terjadi.

Roadtrip bersama pacar. (Unsplash/Alenjandro Salinas)
curhat dengan pacar. (Unsplash/Alenjandro Salinas)

 

5. Jadi lebih lega dan tenang

Salah satu alasan mengapa kamu harus curhat dengan orang lain adalah kamu jadi lebih lega dan tenang. Mengeluarkan segala keluh kesah pastinya bisa meredakan emosi dan mengembalikan mood.

Tentunya saat mendapatkan saran dan masukan dari orang lain, pikiranmu akan terasa lebih ringan dan bahagia karena orang lain mau mendengarkanmu.

Berita Terkait

Berita Terkini