Relationship

Selain Memilih Tempat Romantis, 6 Tips Sukses Kencan Pertama

Kencan pertama juga butuh direncanakan secara matang.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi pasangan. (Unsplash/Priscilla Du Preez)
Ilustrasi pasangan. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Dewiku.com - Kencan pertama jelas penting. Itu bakal menjadi salah satu kunci penentu, apakah hubungan dapat lanjut atau berhenti sampai di situ saja.

Nah, jangan cuma mengandalkan keberuntungan. Berhasil atau tidaknya sebuah kencan tergantung pada kesungguhan Anda dalam menjalaninya.

Melansir Hellosehat, berikut beberapa hal yang bisa disiapkan agar kencan pertama ini berjalan lancar sehingga si dia semakin tertarik dengan Anda.

1. Lokasi kencan

Jika belum menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan ketika kencan, ada baiknya Anda memilih tempat yang tidak terlalu berisik dan ramai.

Tempat yang tenang lebih direkomendasikan. Anda dan pasangan bisa mengobrol dengan nyaman untuk mengenal lebih jauh pribadi masing-masing.

Ilustrasi pasangan romantis. [Shutterstock]
Ilustrasi pasangan romantis. [Shutterstock]

2. Siapkan bahan obrolan

Ini memang tak selalu mudah, apalagi jika Anda cenderung pendiam. Namun, justru ini bakal menjadi tantangan tersendiri.

Hindari percakapan dangkal yang tidak membuat Anda mengetahui lebih jauh tentang si teman kencan. Cobalah menanyakan tentang hobi, orang terdekat, makanan kesukaan, atau membahas pendapatnya terkait isu-isu yang saat ini sedang ramai di televisi atau media sosial.

3. Mencintai diri sendiri terlebih dulu

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Self & Identity menyatakan bahwa mencintai diri sendiri dapat meningkatkan kualitas hubungan percintaan. Pasalnya jika tidak sayang pada diri sendiri, kecil kemungkinan Anda akan merasakan kasih sayang dari orang lain.

Ini juga bisa mengurangi stres panik saat kencan pertama. Dengan mencintai diri sendiri, Anda tak akan membiarkan kegagalan-kegagalan di masa lalu menghantui usahamu kali ini. Sebab, Anda percaya bahwa setiap orang pernah melalui kegagalan dan itu adalah hal yang biasa terjadi saat menjalin hubungan dengan orang lain.

Ilustrasi pasangan romantis. (Unsplash/Joel Overbeck)
Ilustrasi pasangan romantis. (Unsplash/Joel Overbeck)

4. Belajar dari kesalahan masa lalu

Masa lalu adalah pembelajaran agar Anda tidak melakukan kesalahan sama di kemudian hari. Kencan pertama pun bakal sukses jika Anda berhasil menahan serta memperingatkan diri sendiri untuk mengambil nilai positif dari kesalahan di masa lalu.

5. Sadari gerak tubuh

Bahasa tubuh dapat mengatakan segalanya, termasuk ketertarikan Anda terhadap pasangan kencan. Tunjukkan perasaan melaui gerakan yang tepat.

Namun, jangan lakukan itu secara berlebihan. Takutnya teman kencan justru menganggapnya pelecehan seksual dan justru berdampak buruk pada kencan pertama Anda.

6. Gali pribadi teman kencan lebih dalam

Hampir semua orang senang membicarakan dirinya sendiri, mungkin termasuk teman kencan Anda. Jadi, tidak ada salahnya untuk memancing dia menceritakan dirinya sendiri lebih dalam.

Umumnya, orang akan senang mendengarkan pertanyaan tentang diri mereka. Itu juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat si dia lebih terbuka dan nyaman dengan Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini