Relationship

Temanmu Fobia Sosial? Coba Lakukan 4 Langkah Ini untuk Membantunya

Ada beberapa cara untuk membantu teman yang memiliki gangguan kecemasan berupa fobia sosial.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi dua perempuan bersahabat. (Unsplash/Roberto Nickson (@g))
Ilustrasi dua perempuan bersahabat. (Unsplash/Roberto Nickson (@g))

Dewiku.com - Kamu punya teman dengan fobia sosial? Gangguan kecemasan sosial alas fobia sosial merupakan ketakutan seseorang pada situasi sosial yang melibatkan interaksi dengan orang lain.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari trauma masa lalu yang menyakitkan, faktor genetik, hingga kepribadian. Jika sahabat dekatmu mengalami gangguan ini, apa yang harus dilakukan?

Dilansir dari Live Strong, ada beberapa cara untuk membantu teman dari kecemasan sosial.

Temani mereka

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kecemasan sosial adalah  menemani mereka di setiap masa susahnya. Beri dukungan untuk menemui terapis atau profesional. Tentunya, bantuan terapis bisa menjadi cara efektif untuk membantu mengurangi perasaan cemas.

Menghibur sahabat yang berduka. (Unsplash/Court Prather)
Ilustrasi persahabatan. (Unsplash/Court Prather)

Bantu temanmu

Menurut neuropsikolog dan profesor di NYC Columbia University Sanam Hafeez, PsyD, ketimbang menyuruh seseorang untuk menghilangkan perasaan cemasnya, lebih baik bantu temanmu saat mengalami kondisi tersebut.

"Membantu adalah cara yang tepat," ungkap dia.

Bantu temanmu jika terlibat dalam kegiatan sosial

Ketika situasi tertentu membuat seseorang kurang nyaman hingga menyebabkan cemas, kamu sebagai teman bisa membantunya dalam kegiatan sosial. Hal ini diungkapkan oleh psikologi klinis Dave Carbonell, PhD.

"Jika teman Anda sama sekali terbuka dengan ide ini, bantu mereka untuk menemukan cara ketika terlibat dalam acara sosial. Itu akan lebih produktif daripada membantu mereka menghindari kontak dengan orang lain," terang Carbonell.

Jangan menghakimi

Jika teman dekatmu mengalami kecemasan sosial, sebaiknya jangan menghakimi mereka. Cukup datang dan dukung saat kamu ingin membantunya. Jika temanmu punya keputusan untuk pergi karena tidak nyaman, jangan halangi jalannya.

"Biarkan teman Anda tahu bahwa Anda datang untuk mendapatkan dukungan. Dengan kata lain, Anda akan membiarkan mereka membuat keputusan. Dan kalau mereka memutuskan untuk pergi lebih awal, Anda jangan menghalangi," kata Sanam Hafeez. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini