Tak Selalu Indah, 6 Pelajaran Hidup Ini Bisa Dirasakan saat Sudah Menikah

Inilah beberapa pelajaran hidup yang akan kita dapatkan setelah menikah dan berumah tangga.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 06 Agustus 2021 icon 21:00 WIB
Tak Selalu Indah, 6 Pelajaran Hidup Ini Bisa Dirasakan saat Sudah Menikah

Pasangan menikah. (Pixabay/gpalmisanoadm)

Banyak hal yang bisa jadi pelajaran hidup seiring bertambahnya pengalaman dan usia manusia. Ada juga hal-hal tertentu yang akan dipahami setelah menikah.

Menikah merupakan salah satu fase yang mungkin kamu jalani saat ini maupun di masa depan. Lalu, apa saja pelajaran hidup yang didapat dari menikah?

Menikah mengajarkan cara mencintai orang lain

Baca Juga: Biar Nggak Gampang Berantem, Cara Merawat Kehangatan Hubungan Pernikahan

Dilansir dari Times of India, pelajaran pertama yang kamu dapat setelah menikah adalah bagaimana belajar mencintai orang lain.

Ilustrasi Pasangan Menikah (Pexels/Trung Nguyen)
Ilustrasi Pasangan Menikah (Pexels/Trung Nguyen)

Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah menjalani kehidupan bersama pasangan. Menikah dengan orang yang dicintai bisa berpotensi langgeng sampai maut memisahkan.

Jangan berekspektasi tinggi

Baca Juga: Belum Menikah dan Punya Anak, Perempuan Ini Sudah Hobi Beli Baju Bayi

Semakin tinggi ekspetasi kepada pasangan, semakin kecewa dirimu jika harapan tidak terpenuhi. Jika akhirnya hanya rasa kecewa yang dirasakan, kamu akan terus menghadapi beban luka dan rasa sakit.

Kerja sama

Di dalam pernikahan bukan, hanya satu orang yang mempertahankan hubungan. Keduanya harus bekerja sama untuk menghadapi pasang surut kehidupan. Jika kamu dan pasangan mampu melewati ini, pernikahanmu akan berhasil dan langgeng.

Saling mencintai

Walau sulit membangun cinta, perlu banyak usaha dan kesabaran dalam melewati perjalanan pernikahan. Terlebih, pernikahan merupakan ibadah seumur hidup yang harus menjadi tanggung jawab. Oleh karena itu, pernikahan mesti dijalani dengan saling mencintai satu sama lain.

Ilustrasi menikah (unsplash.com/nikki gibson)
Ilustrasi menikah (unsplash.com/nikki gibson)

Belajar menerima apa adanya

Pada banyak kasus pernikahan, seseorang yang tak belajar menerima keadaan pasangan rentan selingkuh di belakang.

Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus saling belajar menerima satu sama lain. Sebab, tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

Jangan mengeluh

Ketimbang mengeluh karena keadaan hubungan dan juga pasangan, lebih baik pertahankan pernikahan biar hubungan semakin kuat, dibanding melemahkan satu sama lain.

Baca Juga: Ternyata Ada Pesan Rahasia di Sepatu Pengantin Putri Diana, Ini Bunyinya

Pernikahan tidak akan sejalan jika tak dilakukan bersama-sama. Frustasi itu wajar, tapi mencari solusi sangat perlu supaya pernikahan bisa berjalan baik-baik saja. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI