Relationship

4 Alasan Susah Move On, Salah Satunya Terlanjur Mati Rasa

Terjebak kenangan indah bersama mantan juga termasuk salah satu alasan susah move on.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Kevin Laminto)
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Kevin Laminto)

Dewiku.com - Move on memang bukan perkara mudah, terlebih jika sudah menjadi hubungan asmara begitu lama. Lalu, apa yang sebenarnya bisa membuat seseorang susah move on?

Melansir dari Griefuk.org, berikut beberapa alasan susah move on dari sang mantan. Apa saja?

Terjebak kenangan indah

Kalau kamu berada dalam hubungan cinta yang bahagia sebelumnya tapi malah harus berakhir, kenangan tersebut akan sangat sulit dilupakan dari benakmu.

Perempuan sedih. (Unsplash/Aricka Lewis)
Perempuan sedih. (Unsplash/Aricka Lewis)

Apalagi jika kamu masih menyimpan barang kenangan dari sang mantan, mulai dari foto hingga benda dan kado spesial.

Melupakan sulit, melanjutkan hubungan dengan mantan juga akan terasa sakit karena masih terjebak di kenangan indah masa lalu.

Takut terluka

Kalau kamu pernah dikhianati seseorang di masa lalu, entah itu fisik maupun emosional, dampaknya bisa trauma pada hubungan selanjutnya, apalagi jika luka tersebut sakitnya bukan main.

Bisa saja, perasaan takut terluka kembali yang membuat susah move on. Kamu merasa sulit maju ke depan dan takut untuk percaya dengan orang lain lagi.

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Luiz Galves)
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Luiz Galves)

Mati rasa

Mati rasa membuatmu tidak tahu lagi bagaimana caranya move on, bahkan untuk menarik diri dan mencari pasangan selanjutnya. Rasa luka di masa lalu tersebut di masa lalu masih membekas di hidupmu.

Walau sudah pernah mencoba untuk melupakan, mati rasa bisa menjadi penyebab dirimu susah move on ke hubungan selanjutnya.

Terlalu cepat mulai hubungan baru

Ketika kamu membangun hubungan tapi kondisi masih belum pulih dari masa lalu, bisa saja itu malah membuatmu semakin susah move on. Hal itu terlebih jika kamu mencari sosok mantan di orang lain.

Mencari orang baru memang susah, tapi ada baiknya jika kamu move on dulu sebelum membangun hubungan yang baru. Jika kondisi ini masih terus terbawa di hubungan selanjutnya, dampaknya bisa ke pasanganmu juga. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini