Relationship

Batal Nikah karena Nilai Mahar Naik, Kisah Pria Ini Malah Bikin Kesal

Pria tersebut tidak setuju jika nilai mahar dinaikkan.

Amertiya Saraswati

Ilustrasi Menikah (Pexels/Deden Dicky Ramdhani)
Ilustrasi Menikah (Pexels/Deden Dicky Ramdhani)

Dewiku.com - Sebelum menikah, pihak pengantin pria perlu menyiapkan mahar untuk mempelai wanita. Biasanya, nilai mahar juga akan menuruti keinginan pengantin wanita.

Tak hanya itu, mahar juga harus disetujui oleh kedua belah pihak. Pasalnya, ada kemungkinan pasangan batal nikah karena masalah mahar.

Belum lama ini, video dari akun @gallerydesy viral di TikTok. Sebagai karyawan KUA, wanita pemilik akun tersebut mengungkap salah satu kisah pria yang batal nikah.

"Pernah suatu hari datang calon pengantin laki-laki untuk membatalkan berkas pernikahannya," cerita akun @gallerydesy.

Saat ditanya, pria tersebut menjawab bahwa calon pengantin perempuan ternyata menaikkan jumlah mahar yang diminta. Karyawan KUA ini pun lantas bertanya berapa jumlah mahar yang diminta.

"Dari mahar Rp50 ribu, perempuannya minta naik Rp200 ribu," lanjutnya.

Viral Pria Batal Nikah karena Mahar (tiktok.com/@gallerydesy)
Viral Pria Batal Nikah karena Mahar (tiktok.com/@gallerydesy)

Setelah menyebutkan jumlah mahar, pria ini kembali ditanya apakah ia yakin ingin membatalkan pernikahan. Jumlah mahar tersebut juga dirasa tidak terlalu besar.

"Pak kepalaku meyakinkan lagi, apa harus dibatalkan hanya karena permintaan perempuan seperti itu. Sepertinya tidaklah sulit untuk sekali seumur hidup."

Meski begitu, pria ini malah memberikan respons tak terduga. Bahkan, jawaban pria tersebut membuat warganet gagal bersimpati.

"Taukah jawabannya apa? Yang membuat aku pun sebagai seorang perempuan juga merasa ikut sakit hati?" tulis @gallerydesy.

"Dia jawab: duh nggak sepadan pak, Rp200 ribu wong orangnya juga nggak pantes diajak ke kondangan," jawab pria yang ngotot ingin batal nikah tersebut.

"Terus kalau dari awal udah ngerasa nggak sepadan ngapain ngajak nikah," tambah wanita ini di akhir ceritanya.

Viral Pria Batal Nikah karena Mahar (tiktok.com/@gallerydesy)
Viral Pria Batal Nikah karena Mahar (tiktok.com/@gallerydesy)

Mendengar jawaban pria tersebut, tidak sedikit warganet yang turut dibuat kesal serta memberikan kritikan.

Tak hanya itu, banyak yang lega pernikahan tersebut berakhir batal karena calon pengantin pria hanya memperhatikan penampilan.

"Alhamdulillah si wanita itu terhindar dari lelaki yang tidak baik. Semoga wanita itu mendapatkan pria yang menghargai dan mencintainya dengan tulus. Aamiin," harap salah satu warganet.

"Dulunya mau kutambahin Rp150 ribunya. Tapi pas denger belakangnya, iya batalin aja, nggak cocok mas. Mending truk apa gerobak aja yang digandeng ajak ke kondangan."

"Awalan: aduh sayang banget gara-gara mahar, mungkin mampunya segitu. Di akhir: alhamdulillah mbak nggak jadi dinikahin, gua yang baca aja naik pitam."

"Ya Allah ceweknya terselamatkan sama laki-laki model begitu, bayangin dia ngeluarin mahal Rp200 ribu aja nggak rela, gimana nanti untuk masalah nafkah," imbuh yang lain.

Kisah pria batal nikah yang dibagikan akun @gallerydesy tersebut kini sudah viral ditonton 1,6 juta kali. Selain viral di TikTok, warganet ramai memberikan hingga 5,7 ribu komentar dan 152 ribu likes.

Berita Terkait

Berita Terkini