Relationship

Punya Teman Baik Membuatmu Merasakan 4 Hal Luar Biasa Ini

Apa saja yang bisa kita rasakan jika mempunyai teman baik?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi dua perempuan bersahabat. (Unsplash/Roberto Nickson (@g))
Ilustrasi dua perempuan bersahabat. (Unsplash/Roberto Nickson (@g))

Dewiku.com - Teman bukan cuma orang yang kita kenal. Bagi banyak orang, teman baik bahkan bisa jadi lebih dari keluarga. Sahabat juga dapat diandalkan sebagai tempat curhat dan berbagi kebahagiaan suka maupun duka.

Banyak orang mendambakan teman dan persahabatan yang langgeng hingga tua. Berikut manfaat mempunyai pertemanan yang sehat menurut Counselor Touche Development Center, Farra Anisa Rahmania.

Dapat mengembangkan kemampuan sosial

Berteman bisa mengembangkan kemampuan sosial. Saat memiliki teman berbeda daerah dan suku, secara otomatis kita bisa mengenal kultur berbeda pula. Dengan itu, kita bisa mempelajari pelajaran tentang budaya masing-masing.

"Kalau kalian punya teman asal Sumatera yang kuliah di Jawa, kemungkinan besar kita punya teman dengan budaya yang berbeda. Jadi ini bisa menjadi adaptasi di tempat yang baru," kata Farra Anisa dalam acara Go Out of Toxic Friendship Zone, Minggu (29/8/2021) lalu.

Ilustrasi Pertemanan. (pexels/elevate)
Ilustrasi Pertemanan. (pexels/elevate)

Meningkatkan kesejahteraan psikologis

Berteman juga dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis dan menjadi support system. Punya jalinan pertemanan yang sehat dapat menjaga kesehatan mental.

"Ketika punya teman yang positif, pastinya itu bisa mendapatkan dukungan. Karena dalam psikologi, banyak penelitian mengatakan kalau kita punya dukungan sosial yang besar dari pertemanan, itu bisa meningkatkan kesejahteraan mental," tutur Farra.

Meningkatkan kepuasan hidup

Kata Farra, punya pertemanan sehat juga dapat meningkatkan kepuasan hidup. Dengan mempunyai teman yang bisa dipercaya dan diandalkan, seseorang akan merasa lebih berarti di dalam kehidupan. 

Ilustrasi pertemanan (pixabay.com/AnnieSpratt)
Ilustrasi pertemanan (pixabay.com/AnnieSpratt)

"Ketika memiliki teman yang bisa dipercaya, itu bisa membuat orang merasa dikelilingi oleh orang yang menghargainya, yang menganggap dirinya itu ada," ucapnya.

Meminimalisir perasaan kesepian

Punya teman juga bisa meminimalisir rasa kesepian. Kalau seseorang memiliki kepribadian ekstrovert, tentu lebih mudah menjalin pertemanan. Jadi, dampaknya bisa terhindar dari rasa kesepian.

"Kalau orang tipenya ekstrovert, pasti hidupnya dipakai buat sosialisasi dan menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Mulai dari hangout sampai belajar bareng," katanya menerangkan. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini