Pasangan Beda Usia Malah Bisa Lebih Langgeng, Simak Penjelasan Berikut

Apa yang membuat hubungan pasangan beda usia justru bisa lebih langgeng?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 02 Desember 2021 icon 22:14 WIB
Pasangan Beda Usia Malah Bisa Lebih Langgeng, Simak Penjelasan Berikut

Ilustrasi Pasangan Beda Usia (Pixabay/TanteTati)

Banyak orang memiliki pasangan yang usianya sebaya atau relatif seumuran. Biasanya, alasannya karena bisa terasa lebih nyambung dan menjadikan hubungan lebih setara. Namun, menurut penelitian, pernikahan pasangan beda usia cukup jauh ternyata terbukti lebih langgeng.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa wanita dalam hubungan dengan perbedaan usia yang besar merasa paling puas dengan kehidupan cinta mereka. Sementara, kedewasaan pasangan yang lebih tua juga menjadi faktor keberhasilan sebuah hubungan.

Dilansir dari Bright Side via Suara.com, berikut alasan pernikahan beda usia lebih langgeng.

Baca Juga: Pasangan Ini Bikin Konten Nakal di Makam, Banjir Kritik dan Hujatan Publik

Keduanya tahu apa yang mereka inginkan

Orang mungkin mengejar tujuan yang berbeda ketika mereka mencapai usia tertentu. Misalnya, seorang wanita ingin membesarkan keluarga sehingga mencari kedewasaan dan stabilitas yang dapat diberikan pria yang lebih berpengalaman. DI sisi lain, ada pria yang lebih tua yang berharap bisa punya anak mungkin mencari seseorang yang bugar secara reproduksi.

Ilustrasi bola lampu cinta. (Unsplash/liu yunyi)
Ilustrasi bola lampu cinta. (Unsplash/liu yunyi)

Bagi pasangan di mana istri lebih tua dari suami, salah satu keuntungannya adalah wanita sudah yakin dengan apa yang diinginkannya dalam hidup dan si pria bakal mengetahui persis di mana dia berdiri. Wanita yang lebih tua juga cenderung mampu menangani masalah dengan lebih logis dan adil.

Baca Juga: Inilah Ciri-Ciri Soulmate, Apakah Dia Memang Ditakdirkan untuk Kamu?

Pasangan yang lebih tua memahami apa yang dibutuhkan pasangan yang lebih muda

Menikah dengan orang yang lebih tua bisa berarti lebih banyak ruang untuk hal-hal yang ingin kamu lakukan. Mereka juga pernah muda sehingga cenderung lebih pengertian jika kamu sedang merasa perlu meluangkan waktu pribadi untuk hobi atau minatmu. 

Pernikahan adalah kombinasi kebijaksanaan dan energi

Punya tingkat kedewasaan yang berbeda bisa menjadi sehat jika memberikan perspektif saling melengkapi bagi pasangan. misalnya, saat pihak yang lebih tua menunjukkan kebijaksanaan, pasangan yang lebih muda bisa bertindak lebih energik, membawa jenis spontanitas khusus ke dalam hubungan.

Ada banyak hal menarik yang bisa dibagi

Tumbuh di zaman budaya yang berbeda bisa memberikan banyak cerita untuk dibagikan satu sama lain.

"Saya mengajarinya berselancar, dan dia mengajari saya tentang hal-hal keuangan sejak saya mencoba membeli rumah pertama saya. Ini menguntungkan dua arah," seorang responden perempuan yang berkencan dengan pria 12 tahun lebih tua.

Ilustrasi Pasangan Menikah (Pexels/Trung Nguyen)
Ilustrasi Pasangan Menikah (Pexels/Trung Nguyen)

Hubungan bergerak lebih cepat

Masalah tertentu terkait usia bisa membuat pasangan beda usia jadi lebih agresif dengan tujuan hubungan mereka. Misalnya, seorang responden perempuan mengaku karena suaminya 11 tahun lebih tua darinya, mereka "berpacu dengan waktu" sehingga mulai melirik cara membangun keluarga lebih awal yang mungkin tak terpikirkan jika dia menikahi orang seusianya.

Keduanya berusaha lebih keras untuk membuat hubungan itu berhasil

Baca Juga: Kisah Wanita Sudah Menikah 11 Kali, Belum Menyerah Temukan Cinta Sejati

Pasangan beda usia menghadapi beberapa tantangan, termasuk stigma sosial atau kurangnya dukungan dari keluarga dan teman sebaya. Hal-hal itu memaksa mereka untuk berjuang melewati rintangan yang sulit di awal hubungan. Sebagai hasilnya, mereka mampu membangun fondasi hubungan yang kuat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI