5 Tanda Pasangan Diam-Diam Menghina Kamu, Bisa Bikin Insecure

Apa saja hal-hal yang bisa menunjukkan bahwa pasangan diam-diam sedang menghina dirimu? Berikut beberapa di antaranya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 28 Desember 2021 icon 22:10 WIB
5 Tanda Pasangan Diam-Diam Menghina Kamu, Bisa Bikin Insecure

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Tan Danh)

Punya pasangan yang suka memuji dan perhatian adalah dambaan banyak orang. Di sisi lain, tak ada yang berharap memiliki pasangan suka meremehkan dan menghina diri kita.

Kebiasaan menghina pasangan hal yang baik dalam sebuah hubungan. Biasanya, seseorang akan menghina pasangannya dengan tujuan ingin mengendalikanmu atau melemahkanmu.

Orang ingin kamu menjadi bergantung kepadanya dan membutuhkan persetujuannya dalam melakukan segala hal. Sikapnya juga akan membuatmu menjadi tidak percaya diri secara perlahan.

Baca Juga: Cuma 2 Minggu Pacaran, Pasangan Ini Kawin Lari karena Merasa Sudah Cocok

Nah, dirangkum dari Times of India, berikut tanda bahwa pasanganmu sebenarnya menghina dirimu.

Ilustrasi Pasangan di Mobil (Pexels/Rachel Claire)
Ilustrasi Pasangan di Mobil (Pexels/Rachel Claire)

Manipulatif

Memanipulasi seseorang dalam sebuah hubungan, bukanlah hal baik. Ini termasuk tanda bahwa pasanganmu menghinamu. Sikap seperti ini juga merupakn bentuk komunikasi yang tidak sehat dalam sebuah hubungan asmara.

Baca Juga: Pasangan Ini Tinggalkan Pesan Cinta di Uang Rp2 Ribu, Isinya Bikin Ngakak

Pujian menyirat

Apakah dia sering memberikan pujian menyirat? Dia mungkin suka mengatakan, “Berterimakasihlah bahwa kamu memilikiku, atau kamu mungkin tidak akan punya pasangan yang baik."

Dia mungkin juga mengucapkan hal seperti, "Kamu sebenarnya baik, jauh dari yang kukira." Hal tersebut dapat membuat seseorang merasa tersinggung.

Menyinggung

Jika dia peduli bahwa kata-kata atau perbuatannya bisa membuatmu tersinggung, artinya jelas-jelas dia menghinamu. Dia mungkin menyamarkan hinaannya dengan sebuah pertanyaan dan membuatmu merasa memiliki masalah dalam dirimu.

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Terlalu banyak kritik

Pasangan secara terbuka suka mengkritikmu. Bukan sesuatu yang positif dan membangun, dia akan mengkritikmu dengan kasar dan negatif sehingga membuatmu merasa lebih buruk. Mereka mungkin akan mengolok-olokmu, seperti mengomentari penampilan, kepribadian dan ambisimu.

Membandingkan

Dia tak berhenti membandingkanmu dengan orang lain, walah sadar hal tersebut bisa membuatmu murung dan insecure. Kamu seharusnya tidak membandingkan dirimu dengan orang lain, begitu pula pasanganmu.

Baca Juga: 8 Tips Mengatasi Kejenuhan dalam Hubungan Asmara, Jangan Cuma Berasumsi

Itulah beberapa tanda pasangan menghina dirimu. Apakah kamu pernah mengalaminya beberapa hal di atas?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI