5 Alasan Pasangan Suami Istri Bercerai, Selingkuh hingga KDRT

Apa saja yang umumnya menjadi alasan pasangan suami istri bercerai? Berikut penjelasannya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 05 Januari 2022 icon 15:19 WIB
5 Alasan Pasangan Suami Istri Bercerai, Selingkuh hingga KDRT

Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)

Perceraian termasuk hal yang paling tidak diharapkan terjadi dalam sebuah rumah tangga. Tidak ada pasangan menikah yang ingin bercerai. Namun, sayangnya pernikahan kerap berakhir tidak sesuai harapan.

Setiap masalah yang terjadi memiliki dua kemungkinan, bisa memperkuat satu sama lain atau malah merusak pernikahan. Jadi, penting bagi pasangan untuk menghindari alasan yang menyebabkan perceraian.

Melansir Times of India, berikut alasan teratas pasangan memilih perceraian:

Baca Juga: Curhat Pria Terkurung di Israel 8.000 Tahun, Akibat Bercerai dari Istri

Adanya ketidakcocokan

Ketika pasangan tak dapat mendamaikan perbedaan, artinya pasangan sedang berada dalam tingkat ketidakcocokkan. Kamu punya pilihan untuk berpisah dan tidak mencapai titik tengah atau tetap tumbuh bersama dengan ketidakcocokan.

Ilustrasi perceraian. (Pixabay/CQF-avocat)
Ilustrasi perceraian. (Pixabay/CQF-avocat)

Ketidakcocokan sendiri bisa terjadi karena berbagai hal, seperti perbedaan nilai, masalah seks, perbedaan agama, atau kepribadian yang memang tidak cocok sama sekali.

Baca Juga: Foto Pernikahan Rusak, Wanita Ini Viral karena Ingin Mengulang Menikah

Miskomunikasi

Kebanyakan akar dari pertengkaran dalam sebuah hubungan adalah miskomunikasi. Asumsi akan datang seiring dengan berjalannya masalah ini. Misalnya masalah keluarga dan beban keuangan, jika tidak didiskusikan, itu bisa akan mengarah pada perceraian.

Ketidaksetiaan

Banyak orang tidak bisa mengampuni ketidaksetiaan. Itulah mengapa perselingkuhan termasuk alasan pasangan suami istri bercerai. Masalah apa pun dalam pernikahan harus cepat diselesaikan. Jika tidak bisa diselesaikan, jangan akhiri dengan perselingkuhan.

Ilustrasi kekerasan dalam rumah tangga. (Shutterstock)
Ilustrasi kekerasan dalam rumah tangga. (Shutterstock)

Kecanduan

Kecanduan alkohol, obat-obatan, dan zat berbahaya lainnya menjadi alasan lain dari perceraian. Kecanduan bisa  menyebabkan suasana hati yang tidak stabil, memengaruhi perilaku, pola tidur, nafsu makan, tanggungjawab keluarga, hingga kehilangan teman dan koneksi.

KDRT

Baca Juga: Cuma 2 Minggu Pacaran, Pasangan Ini Kawin Lari karena Merasa Sudah Cocok

Kekerasan dalam rumah tangga sangat mungkin mengarahkan pasangan pada perceraian. Bukan hanya wanita, laki-laki juga dapat mengalaminya. Hal tersebut tidak dapat ditoleransi dan termasuk dalam pelanggaran hak asasi manusia.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI