Kiky Saputri Keguguran karena Masalah Kista, Ketahui Gejalanya

Kiky Saputri mengalami keguguran setelah mengidap kista.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 Maret 2024 icon 20:15 WIB
Kiky Saputri Keguguran karena Masalah Kista, Ketahui Gejalanya

Kiky Saputri (Instagram/kikysaputrii)

Kiky Saputri mengalami keguguran di usia kehamilan 10 minggu. Ditemani suaminya, Muhammad Khairi, membagikan kisah pahit yang dia alami lewat tayangan di kanal YouTube miliknya.

"Aku tahu aku hamil itu pas sehari sebelum kita ke London. Aku ngerasa badan aku enggak enak, pegel-pegel, normalnya orang hamil. Cuma alhamdulillah banget Dedek ini enggak bikin aku mual yang sampe muntah, jadi mual tapi bisa dicegah pake makan rujak," tutur Kiky Saputri.

"Jadi usia kehamilan itu seharusnya tiga bulan setengah. Tetapi takdir Allah kita harus berpisah dengan bayi aku di usia kandungan dua bulan setengah atau 10 minggu atau sekitar sebulan lalu," ujarnya kemudian.

Baca Juga: Sedih karena Keguguran, Nikita Willy : Indra Pilar Kekuatanku

Kiky Saputri pun menyebut bahwa salah satu penyebab kegugurannya adalah kista yang membesar saat hamil. Lalu, apa saja gejala kista?

Dilansir dari Health 24, gejala kista ovarium rupanay bisa tumpang tindih dengan masalah ginekologi lainnya seperti fibroid uterus, bahkan mirip nyeri haid biasa. Berikut beberapa di antaranya.

1.Nyeri panggul yang tidak kunjung berhenti

Baca Juga: Gaya Gemas Kiky Saputri Nonton Konser Coldplay, Ternyata Segini Harga Outfitnya

Nyeri dapat terjadi apda sisi kanan atau kiri bawah panggul. Jika kista sudah besar, nyeri dapat terasa saat berolahraga atau melakukan aktivitas berat. Nyeri ini bahkan tidak hilang setelah mentruasi.

2. Kembung di luar kendali

Waspadai kembung yang terjadi terus menerus karena juga bisa menjadi salah satu gejala kista.

3. Selalu merasa kenyang dan begah

Kista ovarium juga bisa menyebabkan perut terasa berat, kenyang atau begah. Waspada jika BAB lancar, tetapi perut masih terasa penuh seperti tidak buang air berhari-hari.

4. Ingin kencing terus

Ingin kencing terus menerus juga bisa termasuk gejala kista ovarium yang perlu diwaspadai.

5. Nyeri saat melakukan hubungan intimseks

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Keguguran, Apa Maknanya jika Memimpikannya saat Tidak Hamil?

Jika kamu merasakan nyeri pada satu sisi saat melakukan hubungan seks penetrasi, kondisi ini bisa jadi gejala kista ovarium.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI