Beauty

Stop Lakukan Ini Jika Ingin Bekas Jerawat Cepat Hilang

Karena bekas jerawat kadang lebih susah dihilangkan ketimbang jerawat itu sendiri.

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Bekas jerawat/pinterest.com
Bekas jerawat/pinterest.com

Dewiku.com - Bagi kamu yang punya kulit rentan berjerawat pasti merasakan hal tersebut, di mana seringkali bekas jerawat lebih susah dan lebih lama untuk dihilangkan. Bekas jerawat yang dimaksud adalah noda berwarna coklat, hitam ataupun merah yang dikenal dengan Post Inflamantory Hyperpigmentation (PIH).

Sebenarnya PIH bakal hilang sendirinya secara perlahan tapi tentu butuh waktu yang lama, bisa bulanan bahkan tahunan. Nggak mau dong menunggu selama itu? Makanya hindari empat hal ini kalau ingin cepat-cepat menghapus jejak si bekas jerawat.

1. Berlebihan dalam mencuci dan exfoliasi wajah

Memang ekfoliasi jadi salah satu cara ampuh agar bekas jerawat cepat hilang, hanya saja jika terlalu berlebihan bakal merusak kelembapan alami kulit. Jika hal itu terjadi, kulit bisa makin sensitif, rentan berjerawat dan hiperpigmentasi. Ini sama berlakunya dengan terlalu sering mencuci muka ya.

Bekas jerawat/pinterest.com
Bekas jerawat/pinterest.com


2. Nggak pakai sunscreen

Kalau sudah rutin melakukan eksfoliasi untuk bekas jerawat, menggunakan sunscreen adalah wajib hukumnya. Karena setelah eksfoliasi kulit bakal lebih sensitif pada sinar matahari dan bisa bikin PIH makin gelap. Sehingga sunscreen berfungsi menjadi tameng pelindung untuk flek hitam dan bekas jerawat biar nggak makin lama menetap.

3. Salah Produk Skincare

Menggunakan produk yang tepat jadi kunci merawat dalam kondisi apapun. Misalnya kalau masih ada jerawat aktif tapi ingin menghilangkan bekasnya, lebih baik tuntaskan dulu mengobati jerawatnya. Karena kandungan produk penghilang bekas jerawat bisa saja mengiritasi dan malah memperparah jerawat tersebut.

Bekas jerawat/pinterest.com
Bekas jerawat/pinterest.com


4. Stress dan terlalu banyak bercermin

Logikanya, stress punya dampak buruk bagi tubuh, termasuk kulit. Sebaiknya menghindari terlalu banyak bercermin karena takutnya bakal terus kepikiran bekas jerawat yang tak kunjung hilang. Hal tersebut bisa membuat stress yang akhirnya memunculkan jerawat kembali. PR-mu untuk membereskan bekas jerawat nggak selesai-selesai deh.

Maka dari itu percaya saja kamu sudah memilih produk yang tepat dan bekas tersebut bakal hilang. Dibawa santai aja ya!

Itulah empat hal yang bisa bikin bekas jerawat susah hilang. Jangan lakukan lagi mulai sekarang ya girls!

Berita Terkait

Berita Terkini