Beauty

Fakta Menarik: Hasil Investigasi Netizen pada Kejanggalan Bioaqua

Kalau kamu bertanya-tanya kenapa produk Bioaqua bisa murah, ini jawabannya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Bioaqua cushion/Pinterest.com
Bioaqua cushion/Pinterest.com

Dewiku.com - Beberapa waktu yang lalu netizen di jagat Twitter sempat dihebohkan dengan sebuah thread dari akun @imtrashbae. Pasalnya, akun tersebut mengulas tentang kejanggalan dari produk skincare dan makeup Bioaqua, produk yang sering berseliweran di market place dan online shop.

Mungkin beberapa dari kamu sudah akrab dengan produk ini. Bioaqua memang akhir-akhir ini hits banget dengan produk cushion foundation yang punya packaging bagus dan aplikasi tebal tapi harganya super murah.

Karena curiga, akun @imtrashbae pun melakukan investigasi kecil-kecilan terhadap produk Bioaqua. Ia pun membeberkan beberapa fakta :

1. Tukang jiplak kemasan

Ternyata, kemasan produk Bioaqua ini menjiplak banyak produk-produk ternama, mulai dari skincare dan kosmetik Jepang, Korea, dan ada pula dari brand barat seperti Clinique.

Nggak cuma kemasan yang dijiplak, klaim manfaat produk ternyata juga dijiplak. Padahal setelah dilihat pada komposisi produk, bahannya jauh berbeda.

Twitter/@imtrashbae
Twitter/@imtrashbae

2. Website nggak jelas

Website bioaqua.store terlihat seperti laman jual beli biasa dan nggak ada keterangan perusahaan produsennya. Setelah ditelusuri, nama perusahaan produsennya adalah GuangZhou OBO Cosmetics Co., Ltd dengan nama alamat website www.gzobo.com

Namun sayangnya, website tersebut agak mencurigakan karena selain ditulis dalam huruf cina, beberapa bagian websitenya pun nggak bisa dibuka. 

Twitter/@imtrashbae
Twitter/@imtrashbae

3. Perusahaan OEM & ODM dengan harga murah

Rupanya perusahaan GuangZhou ini adalah perusahaan OEM&ODM.  Mereka memproduksi Bioaqua berdasarkan rikues pembeli dengan partai besar / grosir sehingga harganya sangat murah.

Twitter/@imtrashbae
Twitter/@imtrashbae

 

Twitter/@imtrashbae
Twitter/@imtrashbae

Akun @imtrashbae menarik kesimpulan bahwa Bioaqua adalah produk abu-abu. Nggak jelas keamanannya karena info pendukung nggak lengkap dan sulit diakses.

Bioaqua sendiri rupanya belum terdaftar di BPOM sehingga belum memiliki nomer izin edar. Kabar terbarunya, pada 12 Juli 2018 lalu, Bioaqua rupanya terciduk BPOM di Batam dan disita sebagai salah satu kosmetik berbahaya. Dengan begitu, Bioaqua sudah dipastikan nggak aman.

Menurutmu sendiri gimana, Girls? Semoga ini jadi pelajaran bagi kita semua ya. Tetap kritis dan jangan gampang tergiur skincare dengan harga murah.

Berita Terkait

Berita Terkini