Manfaatkan Air Beras untuk Merawat Rambut, Hasilnya Wow!

Rupanya, kandungan air beras juga baik untuk merawat rambut lho!

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 24 Juli 2018 icon 09:15 WIB
Manfaatkan Air Beras untuk Merawat Rambut, Hasilnya Wow!

air beras/pinterest.com

Perawatan alami dengan air beras sering digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, karena beberapa kandungannya bisa atasi jerawat, flek hitam dan mencerahkan wajah. Rupanya, kandungan air beras juga baik untuk merawat rambut lho!

Selain memberikan kelembapan pada batang rambut, air beras juga memiliki manfaat untuk kulit kepala dan mempercepat proses pertumbuhan rambut. Nutrisi dalam air beras memang beragam ya? Penasaran? kamu bisa baca penjelasannya di bawah ini.

air beras/pinterest.com
air beras/pinterest.com

 

Baca Juga: Chizu Saeki, Metode Perawatan Wajah ala Orang Jepang

Kandungan air beras

Air beras membawa kandungan baik yang dilepaskan oleh bulir-bulir beras, seperti amino acid yang berfungsi sebagai pelancar peredaran darah. Cara kerja amino acid ini cukup unik, karena kandungan vitaminnya bisa merelaksasi permukaan kulit kepala sehingga peredaran darah menjadi lancar.

Selain melancarkan peredaran darah, amino acid juga berperan dalam memberi kekuatan pada akar rambut dan memberikan kemilau alami pada rambut. Nggak heran deh, setelah merawat rambut dengan air beras, rambut kamu jadi berkilau alami.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Air Beras Bisa Dimanfaatkan untuk Kecantikan Lho

Rambut panjang/pinterest.com
Rambut berkilau alami/pinterest.com

Kandungan lain dalam air beras adalah Inositol atau vitamin B8 yang berfungsi memaksimalkan pertumbuhan rambut. Uniknya, kandungan Inositol ini tetap bekerja membuat lapisan pelindung rambut meskipun air beras sudah dibilas. Wow!

Air beras fermentasi untuk merawat rambut

Untuk mendapat perawatan maksimal dengan air beras, kamu bisa membuat air beras fermentasi sebagai pengganti kondisioner setelah keramas. Caranya cukup mudah, rendam secangkir beras organik dalam 300 ml air bersih dan biarkan hingga dua hari.

air beras/pinterest.com
cara membuat air beras fermentasi/pinterest.com

Dalam waktu dua hari, akan tercium aroma asam khas fermentasi. Nah, jika aroma sudah cukup pekat, kamu bisa memindahkannya ke dalam kulkas untuk mendinginkan suhunya agar proses fermentasi tidak berlanjut.

Jika sudah cukup dingin, kamu bisa menggunakannya langsung setelah keramas dengan sampo. Biarkan 5-10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Jika air fermentasi beras terlalu pekat, kamu bisa mencampurnya dengan sedikit air bersih agar tidak terlalu kental.

rambut sehat/pexels.com
rambut sehat/pexels.com

 

Baca Juga: 5 Kesalahan Ini Sering Banget Kamu Lakukan Saat Keramas

Gimana girls, tertarik merawat rambut dengan air beras? Jangan lupa, lakukan dengan rutin agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI