Inilah 5 Cara Membuat Masker Apel untuk Perawatan Wajah

Bukan cuma mudah, tapi juga murah!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 25 Juli 2018 icon 13:15 WIB
Inilah 5 Cara Membuat Masker Apel untuk Perawatan Wajah

Buah apel merah / Unsplash.com

Buah apel bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, melainkan juga bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk perawatan wajah. Kamu tidak perlu membeli bahan-bahan mahal, cukup luangkan waktu untuk membuat masker apel.

Kamu merasa ragu dengan khasiat masker apel? Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan masker apel bagi kecantikan kulit wajah.

1. Membersihkan pori-pori kulit wajah

Baca Juga: Hilangkan Jerawat dengan Masker Daun Jambu Biji

Pori-pori yang tersumbat adalah sumber kuman dan bakteri, lalu menjelma jadi komedo dan jerawat. Masker apel bisa dimanfaatkan sebagai scrub wajah untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori, termasuk minyak berlebih di wajah.

Siapkan apel yang telah dihaluskan, campur dengan 1-2 sendok gula pasir, lalu oleskan pada wajah. Diamkan sebentar lalu gunakan masker apel sebagai scrub selama 15 menit. Lakukan 1-2 kali dalam sepekan untuk hasil optimal.

2. Mencerahkan wajah

Baca Juga: Bikin Masker Wajah Pakai Susu Bubuk, Begini 4 Cara Mudahnya

Vitamin C yang terkadung dalam apel cocok dijadikan bahan alami pencerah wajah dan mengatasi kulit kusam.

Campurkan apel yang telah dihaluskan dengan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Ilustrasi apel dan lemon / Unsplash.com
Ilustrasi apel dan lemon / Unsplash.com

3. Mengatasi masalah jerawat

Masker apel juga bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit wajah. Masalah jerawat pun dapat teratasi secara bertahap.

Haluskan apel dengan cara diblender, lalu diperas atau disaring untuk mendapatkan sari apel. Ambil kapas, celupkan ke dalam sari apel, kemudian tempelkan ke wajah selama 20-25 menit. Fungsinya hampir mirip toner wajah.

Ilustrasi sari apel / Unsplash.com
Ilustrasi sari apel / Unsplash.com

4. Menyamarkan noda hitam

Siapa yang suka gemas memencet jerawat? Si jerawat mungkin bakal mengecil. Namun, muncul masalah baru berupa noda hitam bekas jerawat. Nah, coba deh pakai masker apel.

Siapkan 1 buah apel, haluskan, lalu campur dengan 1 sendok madu. Oleskan pada wajah, biarkan selama 25-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

madu/pexels
madu/pexels

5. Mencegah tanda penuaan

Merasa terganggu dengan kerutan di sekitar bibir atau mata? Masker apel ternyata juga bisa mengurangi tanda penuaan seperti itu dan mencegahnya muncul kembali lho.

Kamu dapat mengombinasikan masker apel dengan putih telur. Campurkan kedua bahan tersebut lalu aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan. Gunakan selama 1 jam, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Cara Praktis Bikin Masker Buah Naga Sendiri di Rumah

Ilustrasi telur/pexels.com
Ilustrasi telur/pexels.com

Jadi sekarang sudah makan yakin kalau perawatan wajah bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami kan? Kuncinya cuma satu, kamu mesti telaten dan melakukan perawatan secara teratur. Oke?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI