4 Manfaat Masker Jahe untuk Perawatan Rambut

Bikin masker rambut dari jahe, yuk!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 27 Juli 2018 icon 16:45 WIB
4 Manfaat Masker Jahe untuk Perawatan Rambut

Ilustrasi perempuan / Pixabay.com

Jahe dikenal sebagai rempah yang kaya khasiat. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga kerap diolah menjadi minuman kesehatan. Namun, tahukah kamu kalau jahe juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut? Pernah menggunakan masker jahe?

Berikut ada beberapa manfaat masker jahe untuk perawatan rambut.

1. Melembabkan rambut

Baca Juga: Mudah Banget, Ini 4 Tips Perawatan Rambut Kering

Kombinasikan jahe dengan minyak esensial seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Aplikasikan ke rambut dan kulit kepala lalu pijat dengan ujung jari selama 5 menit. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan cara keramas seperti biasa.

Jika kamu memiliki masalah rambut kering, tidak ada salahnya mencoba perawatan rambut dengan masker jahe. Lakukan 2 kali dalam sepekan untuk hasil optimal ya.

Ilustrasi jahe dan minyak zaitun / Pixabay.com
Ilustrasi jahe dan minyak zaitun / Pixabay.com

2. Mengatasi rambut rontok

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Masker Rambut Berbahan Wortel

Siapkan 2 sendok makan jahe parut, 3 sendok makan minyak wijen, dan ½ sendok teh air perasan lemon. Campur semua bahan hingga merata, aplikasikan ke kulit kepala dan rambut, biarkan selama kira-kira 30 menit. Setelah itu, bilas dengan cara keramas. Lakukan 2 kali dalam sepekan juga ya.

Kolagen yang terdapat pada lemon dan antimikroba dari jahe dapat bekerja sama untuk menutrisi akar rambut sehingga mengurangi masalah kerontokan.

Ilustrasi jahe, minyak wijen, dan lemon / Pixabay.com
Ilustrasi jahe, minyak wijen, dan lemon / Pixabay.com

3. Menyuburkan rambut

Buatlah masker rambut dengan mencampurkan parutan jahe dan minyak jojoba. Oleskan ke kulit kepala, pijat lembut dengan menggunakan ujung jari. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan sampo.

Perawatan rambut seperti ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga merangsang folikel rambut untuk menumbuhkan rambut baru. Asam lemak yang terdapat pada jahe pun cukup efektif untuk membantu melebatkan rambut.

Ilustrasi jahe / Pixabay.com
Ilustrasi jahe / Pixabay.com

4. Mengatasi ketombe

Masker jahe memang multifungsi. Kandungan antiseptik alaminya ternyata juga efektif untuk mengatasi ketombe dan mencegahnya datang kembali.

Khasiat ini bisa kamu dapatkan dengan membuat masker rambut dari campuran parutan jahe, minyak zaitun, dan air perasan lemon

Baca Juga: 5 Tanda Sampo yang Kamu Gunakan Nggak Cocok untuk Rambutmu

Ilustrasi jahe dan lemon / Pixabay.com
Ilustrasi jahe dan lemon / Pixabay.com

Gampang dan nggak ribet kan? Selamat mencoba perawatan rambut dengan masker jahe, Girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI