5 Brand Kosmetik Lokal Ini Sudah Berusia Puluhan Tahun

Bangga jadi penggemar brand kosmetik lokal nan melegenda ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 20 Agustus 2018 icon 14:15 WIB
5 Brand Kosmetik Lokal Ini Sudah Berusia Puluhan Tahun

Brand kosmetik lokal masih bertahan hingga puluhan tahun. (Pixabay)

Industri kecantikan di Indoensia semakin meriah beberapa tahun terakhir. Banyak brand makeup baru bermunculan, baik produk lokal maupun dari luar negeri. Meskipun begitu, ada beberapa brand kosmetik lokal yang tetap bertahan dan terus bersaing di pasaran.

Berikut adalah 5 brand kosmetik lokal yang tetap eksis meski sudah berusia puluhan tahun.

1. Martha Tilaar

Baca Juga: 4 Rekomendasi Highlighter Terbaru dari Brand Kosmetik Lokal

Aneka produk Sariayu by Martha Tilaar. (Instagram/@martha_tilaar)
Aneka produk Sariayu by Martha Tilaar. (Instagram/@martha_tilaar)

Perjalanan panjang Martha Tilaar Group dimulai saat dr.Martha Handana alias dr.Martha Tilaar membuka salon kecantikan di garasi rumahnya pada 1971 silam. Tahun berikutnya, dia mencoba meracik produk kecantikan sendiri dengan mengandalkan resep tradisional Indonesia.

Beautician lulusan Amerika Serikat ini pun sukses membuat produk skincare rumahan yang disukai klien salonnya. Dia kemudian mengambil keberanian untuk mengurus hak paten dan terus melakukan pengembangan.

Hingga kini, Martha Tilaar Group sudah memiliki berbagai brand kosmetik lokal, seperti PAC, Biokos, Caring Colours, Sariayu, dan Belia. Keren kan?

Baca Juga: Hilangkan Jerawat dengan Masker Daun Jambu Biji

2. Viva Cosmetics

Viva Queen Perfect Look Cover Up. (Instagram/@viva.cosmetics)
Viva Queen Perfect Look Cover Up. (Instagram/@viva.cosmetics)

Brand kosmetik lokal yang satu ini bisa dibilang sangat melegenda. Viva Cosmetics lahir tahun 1962 alias sudah 56 tahun lalu, Girls! Pendirinya adalah seorang ahli farmasi bernama Dr.Tio Tiongho.

Produk-produk Viva cosmetics diklaim cocok untuk kulit perempuan di daerah tropis seperti Indonesia. Harganya pun terjangkau. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan kualitas produknya karena Viva Cosmetics telah memiliki sertifikat Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB) sejak 2008 lalu.

Viva Cosmetics juga mencoba melakukan inovasi dengan mengikuti minat pasar masa kini. Ada berbagai produk baru, seperti eye cream, pencil matic eye brow, hingga waterdroop sleeping mask.

3. Wardah

Rangkaian produk Wardah Instaperfect. (Instagram/@wardahbeauty)
Rangkaian produk Wardah Instaperfect. (Instagram/@wardahbeauty)

Wardah berdiri tahun 1985 di bawah naungan PT Paragon Technology and Inovation. Sejak awal, Wardah memang mengunsung konsep produk kecantikan halal sehingga segera mengurus sertifikat halal dari MUI. Mereka juga memberikan jaminan keamanan produk dengan mendapatkan lisensi dari BPOM.

Produk Wardah memiliki banyak penggemar di Indonesia karena kualitas dan harga yang terjangkau. Mereka pun selalu berinovasi untuk menghasilkan produk baru, misalnya saja Wardah Lip Tint dan InstaPerfect BB Cushion yang dirilis beberapa waktu lalu.

4. Mustika Ratu

Beauty Queen Series. (Instagram/@mustikaratuind)
Beauty Queen Series. (Instagram/@mustikaratuind)

Mustika Ratu Tbk berdiri pada 14 Maret 1978. Pendirinya, Dra. BRA Mooryati Soedibyo awalnya mencoba membuat aneka jamu tradisional. Usaha tersebut kemudian perlahan merambah dunia kecantikan.

Mustika Ratu juga memiliki beberapa brand kosmetik lokal, antara lain Moors, Puteri, dan Biocell. Semuanya mempunyai pangsa pasar masing-masing.

Produk-produk Mustika Ratu sudah menerapkan standar internasional ISO 9002 tentang Sistem Manajemen Mutu serta ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan sejak tahun 1996. Jadi kamu tidak perlu cemas dengan kualitas produknya.

5. Purbasari

Color Matte Mettalic. (Instagram/@purbasarimakeupid)
Color Matte Mettalic. (Instagram/@purbasarimakeupid)

Berdiri sejak 1993, tahun ini Purbasari menginjak usia ke-25. Brand kosmetik lokal ini membuktikan eksistensinya di industri kecantikan.

Siapa yang tidak kenal lip cream dan lipstik matte dari Purbasari? Banyak banget beauty enthusiast yang memberikan jempol kepada produk andalan Purbasari itu.

Baca Juga: Perawatan Kecantikan Wajah Alami, Pakai Masker Beras Yuk!

Purbasari sendiri merupakan bagian dari PT Gloria Origita Cosmetics. Awalnya, mereka hanya menawarkan produk lulur mandi yang juga sudah melegenda dan terbukti kualitasnya hingga kini.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI