Beauty

Jangan Sembarangan, Ini Urutan Pakai Skincare Malam yang Benar

Gunakan skincare dari yang paling ringan hingga yang paling berat.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

ilustrasi. (Pinterest)
ilustrasi. (Pinterest)

Dewiku.com - Semenjak skincare K-Beauty menyerbu Indonesia, menggunakan skincare bukan lagi hal yang sederhana. Semua menjadi sangat kompleks karena masing-masing produk memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Begitu juga ketika kita menggunakan skincare malam.

Dulu, perawatan wajah malam hari paling mentok sebatas krim malam atau night cream dan eye cream saja, tapi sekarang printilan yang digunakan semakin bervariasi, lho. Biar lebih jelas, simak urutan pakai skincare malam yang benar berikut ini.

Makeup remover

Pertama, bersihkan wajah dari sisa-sisa makeup dan kotoran yang menempel di permukaan wajah. Jangan sampai kamu tertidur dalam kondisi kulit wajah belum di bersihkan, ya. Hal ini bisa mempercepat tanda penuaan seperti kerutan dan flek hitam. Jerawat juga jadi cepat nongol kalau kamu malas bersihkan muka.

Ilustrasi membersihkan wajah. (Pinterest)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Pinterest)

Exfoliating

Exfoliating adalah proses pembersihan yang lebih mendalam untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Perawatan ini nggak usah sering-sering dilakukan, ya. Cukup 2 kali dalam seminggu, agar lapisan kulitmu tidak menipis.

Toner

Setelah dibersihkan, sekarang tahap perawatan. Gunakan toner setelah membersihkan wajah. Toner ini berguna untuk menyeimbangkan kadar pH, melembapkan kulit, mengecilkan pori-pori, serta membersihkan permukaan kulit.

Ilsutrasi toner.(Pinterest)
Ilustrasi toner.(Pinterest)

Serum

Setelah toner, kamu bisa menggunakan serum yang konsistensinya lebih kental dari toner. Prinsipnya, gunakan skincare dari urutan yang paling cair dulu, kemudian tingkatkan hingga tekstur yang mulai kental dan padat.

Eye Cream

Eye cream memiliki satu tingkatan lebih kental dari serum, sehingga dia tepat digunakan setelahnya. Eye cream berfungsi menjaga area kantung mata untuk menghilangkan lingkaran hitam dan meremajakan mata yang lelah.

Ilustrasi eye cream. (Pinterest)
Ilustrasi eye cream. (Pinterest)

Pelembap

Untuk pemilik kulit kering, disarankan menggunakan pelembap terlebih dahulu sebelum memakai krim malam. Pelembap berfungsi sebagai penjaga kelembapan kulit dan membuatnya terasa lebih firm dan kenyal karena telah terhidrasi dengan optimal.

Krim malam

Terakhir, kamu bisa aplikasikan krim malam sebagai penutup rangkaian skincare malammu. Karena formulanya yang lebih thick dan berat, tempatkan dia di posisi terakhir agar bekerja bisa lebih maksimal.

Berita Terkait

Berita Terkini