Kenapa Spons Makeup Harus Basah Sebelum Dipakai? Ini Alasannya

Celupkan spons makeup ke dalam air hingga permukaannya setengah basah.

By: Dany Garjito icon Minggu, 09 September 2018 icon 12:00 WIB
Kenapa Spons Makeup Harus Basah Sebelum Dipakai? Ini Alasannya

Ilustrasi beauty blender. (Pinterest)

Kalian mungkin hapal dengan benda kecil berwarna pink dengan bentuk yang imut ini. Yup, ini adalah spons makeup atau yang sering disebut dengan beauty blender.

Awalnya, Beauty Blender adalah sebuah brand yang memproduksi spons khusus untuk mengaplikasikan makeup, namun belakangan namanya sering digunakan untuk menyebut semua merk spons makeup.

Dibaliknya boomingnya produk mungil yang cukup pricy ini (sekitar Rp 250 hingga 300 ribuan per item) ternyata ada rahasia tentang cara menggunakannya agar lebih optimal, yaitu selalu membasahi spons ini sebelum dipakai.

Baca Juga: Nggak Cuma untuk Makeup, Ini Fungsi Lain Beauty Blender

Mungkin kamu sudah hapal di luar kepala dengan rahasia ini dan sering menggunakannya sesuai anjuran, tapi pernahkah kamu penasaran tentang alasannya?

Girls, ternyata membasahi semua jenis spons makeup harus kamu lakukan untuk satu alasan penting, yaitu hemat!

Ilustrasi beauty blender. (Pinterest)
Ilustrasi beauty blender. (Pinterest)

 

Baca Juga: Beauty Blender Mahal? 3 Spons Make Up Ini Bisa Jadi Alternatif

Yup, hemat. Sederhana saja, spons makeup yang lembap dan memiliki kandungan air di dalamnya akan membuat kamu jauh lebih hemat karena spons tidak menyerap banyak produk makeup ke dalam pori-pori spons.

Jika selama ini kamu menggunakan foundation, primer atau bahkan BB cream dengan spons makeup yang kering, maka spons akan menyerap semua makeup kamu untuk membuat pori-porinya penuh. Tentu saja ini boros, karena membuat produk makeup kesayangan cepat habis.

Beda halnya jika kamu melembapkan spons makeup terlebih dahulu, kandungan air yang 'terperangkap' dalam spons akan membuatnya cepat padat dan foundation atau BB cream yang kamu gunakan tetap berada di permukaan spons tanpa terserap masuk ke dalam pori-pori spons.

Beauty blender. (Theshonet-assets)
Beauty blender. (Theshonet-assets)

 

Selain hemat, ternyata spons yang lembap juga memengaruhi hasil akhir riasan lho! Spons makeup dengan permukaan yang basah akan memudahkanmu ketika blending dan dapat menghasilkan finishing yang dewy untuk wajahmu.

Cara terbaik dalam melembapkan spons makeup adalah dengan mencelupkannya ke dalam air hingga permukaannya lembap atau setengah basah. Selamat mencoba Girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI