Beauty

Belum Gajian? Ikuti Cara Ini untuk Manikur di Rumah

Perawatan manikur itu nggak harus bayar mahal, kok.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi manicure. (Pixabay)
Ilustrasi manicure. (Pixabay)

Dewiku.com - Buat yang sering melakukan perawatan kuku di salon profesional, apakah kalian merasa kewalahan dengan biayanya? Jika dilakukan sesekali, mungkin nggak berasa boros, ya. Masalahnya kalau rutin seminggu sekali, tentu kamu harus mengatur budget khusus. Nggak tertarik manikur di rumah saja?

Caranya bahkan tidak susah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa tahapan berikut ini.

Potong kuku secara rutin

Cara manikur yang paling sederhana adalah memotong kuku tangan secara rutin. Selain alasan kesehatan, kuku memang harus dirapikan bentuknya biar terlihat cantik.

Agar bentuk kuku bagus, potonglah pada bagian pinggiran terlebih dahulu. Jika sudah rapi kanan-kirinya, kamu bisa melanjutkan dengan memotong bagian tengahnya.

Jangan lupa untuk gunakan nail file yang berguna menghaluskan permukaan ujung kuku.

Ilustrasi manicure. (Pixabay)
Ilustrasi manicure. (Pixabay)

Rendam kuku dengan air lemon

Jika kamu sering mewarnai kuku, besar kemungkinannya kuku cantikmu butuh perawatan ekstra. Bukan tanpa alasan, kandungan bahan kimia yang tinggi dari cat kuku dapat membuatnya jadi kusam dan kekuningan.

Untuk menghilangkan kekusamannya, rendam kuku dalam semangkuk air hangat yang dicampur dengan jus lemon. Jika dilakukan secara rutin, kukumu akan kembali bersih dan bebas kusam.

Ilustrasi buah lemon untuk perawatan wajah. (Unsplash/rawpixel)
Ilustrasi buah lemon untuk perawatan kuku. (Unsplash/rawpixel)

Gunakan minyak zaitun hangat

Pada dasarnya, minyak zaitun saja sudah cukup baik untuk merawat kuku. Namun, rasa hangat yang diberikan oleh minyak zaitun yang dipanaskan dapat memberi efek relaksasi dan melancarkan peredaran darah.

Rendam jarimu dalam minyak zaitun hangat dan biarkan beberapa saat. Lanjutkan dengan memijat permukaan kulitnya secara perlahan.

Jangan lupa membersihkan kutikula kuku yang menjadi lebih 'jinak' setelah terkena minyak zaitun. Kamu bisa menggunakan manicure kit untuk melakukannya.

Ilustrasi manicure. (Pixabay)
Ilustrasi manicure kit. (Pixabay)

Jangan lupa konsumsi makanan tinggi kalsium

Kalsium sangat penting untuk menjaga kekuatan kuku. Jika kekurangan kalsium, kuku cenderung rapuh dan mudah patah. Terkadang, bintik-bintik pun akan mulai nampak pada kuku. Ih, nggak banget deh Girls. 

Makanan tinggi kalsium bisa kamu dapatkan dari olahan susu seperti keju dan yogurt. Susu sapi murni juga baik untuk menambah asupan kalsium dalam tubuh.

Gimana? Mudah kan, manikur di rumah? Bukan cuma manikur, cara di atas juga ampuh untuk perawatan kuku kaki, lho. Selamat mencoba, ya.

Berita Terkait

Berita Terkini