Beauty

Kesalahan Rutinitas Skincare Pagi yang Harus Segera Dihentikan

Sebab kulit memiliki kebutuhan yang berbeda pada malam dan pagi hari.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi produk skincare. (Unsplash)
Ilustrasi produk skincare. (Unsplash)

Dewiku.com - Rutinitas skincare perlu dilakukan dengan konsisten agar memperoleh hasil maksimal. Namun kebanyakan perempuan lebih memfokuskan perawatan di malam hari ketimbang pagi hari. Padahal rutinitas skincare pagi hari tidak kalah penting.

Mungkin karena saking terburu-buru memulai aktivitas, kamu jadi tidak sadar telah melakukan kesalahan rutinitas skincare pagi hari. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut kesalahan rutinitas skincare pagi yang harus segera dihentikan.

1. Tidak mencuci muka

Meski sudah memakai deretan produk skincare di malam hari, mencuci muka di pagi hari tidak boleh dilewatkan. Sebab sepanjang malam minyak dan bakteri cenderung menumpuk di kulit.

Jadi, ketika kita melewatkan step cuci muka yang merupakan bagian penting dari rutinitas perawatan kulit pagi, maka sama saja kita membiarkan minyak dan bakteri untuk tetap berada di kulit.

Ilustrasi cuci muka. (Pexels)
Ilustrasi cuci muka. (Pexels)

2. Menggunakan pelembap hanya di area wajah

Selalu gunakan losion pelembap yang melembapkan untuk wajah dan juga tubuh. Wajah bukan satu-satunya area yang membutuhkan perlindungan dan peremajaan, seluruh tubuh perlu mengunci kelembapannya.

Oleh karena itu, selalu gunakan pelembab dari kepala hingga ujung kaki.

3. Menggunakan handuk yang sama

Jangan gunakan handuk yang sama setiap harinya untuk mengelap wajah, apalagi kalau jarang dicuci. menggunakan handuk yang sama setiap hari atau selama lebih dari satu hari tanpa mencucinya dapat menyebabkan breakout dan jerawat.

Alasannya cukup sederhana. Jika menggunakan handuk yang sama seperti hari sebelumnya tanpa dicuci terlebih dahulu, kotoran, minyak, dan bakteri yang menempel di atasnya mungkin akan pindah ke tubuh lagi pada hari kedua.

Handuk. (Unsplash)
Handuk. (Unsplash)

4. Terlalu banyak serum dan krim anti-penuaan

Kulit memang membutuhkan perlindungan dari tanda-tanda penuaan, tapi jangan berlebihan. Serum dan krim anti-penuaan benar-benar tidak cocok untuk pagi hari. Mereka akan lebih optimal bekerja jika diaplikasikan sebelum tidur malam.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan krim sunscreen yang tidak lengket atau losion pelembap tubuh. Ini akan menjaga kulitmu aman dan melindunginya dari kotoran, debu, serta polusi.

5. Sedikit pakai sunscreen

Sedikit losion tabir surya tidak akan berguna untuk melindungi kulit. Kamu harus menggunakannya sedikit lebih banyak, setidaknya satu sendok teh penuh dan mengoleskannya di seluruh wajah dan leher.

Bagaimana? Adakah kesalahan rutinitas skincare pagi yang masih kamu lakukan?

Berita Terkait

Berita Terkini