Beauty

Hati-Hati, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Perawatan Kulit Ini

Karena kulit juga butuh dimanjakan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Kulit. (Pexels)
Kulit. (Pexels)

Dewiku.com - Semua perempuan pastinya suka memiliki kulit bersih tanpa noda maupun jerawat. Namun, seringkali kita membuat banyak kesalahan dalam perawatan kulit sehingga malah menyebabkan wajah rusak.

Dilansir dari Boldsky, berikut 5 kesalahan yang seharusnya tidak boleh dilakukan pada kulit. Yuk, simak!

1. Salah menggunakan sunscreen

Banyak dari kita menggunakan sunscreen setiap hari tapi tidak tahu cara menggunakan yang benar. SPF adalah hal yang paling penting saat memilih sunscreen.

SPF minimum yang diperlukan untuk sunscreen wajah adalah 20 SPF, sedangkan UVA yang diperlukan adalah 4 bintang dan lebih tinggi seperti PA ++++.

Sunscreen tidak hanya berguna untuk melindungi kulit supaya tidak gosong, tapi juga terhadap sinar UV yang dapat menyebabkan kanker dan luka bakar kulit yang berbahaya.

Sunscreen harus dioleskan pada akhir rutinitas skincare untuk perlindungan terbaik. Selain itu, harus digunakan setidaknya 2 jam sebelum beraktivitas outdoor.

Area mata. (Unsplash)
Sunscreen. (Unsplash)

2. Memencet jerawat

Pasti gemas melihat jerawat yang besar dan sakit, rasanya ingin menyingkirkannya sesegera mungkin. Tapi jangan sampai kamu tidak sabar dan berakhir meremas serta membuatnya pecah.

Kenapa? Hal itu hanya akan membuat bakterinya menyebar dan memunculkan jerawat baru. Belum lagi jika meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan.

3. Menggosok kulit terlalu keras

Kita mungkin sering menggosok kulit, terutama area mata dengan kasar ketika gatal. Memang sih setelah menggosoknya ada rasa puas. Hanya saja pada saat yang sama, hal itu akan membuat kulit kendor dan lebih rentan muncul kerutan dini.

Hal ini berlaku juga saat mengeksfoliasi kulit. Ketika kita over eksfoliasi, pori-pori akan terbuka dan terjadi goresan.

Area mata. (Unsplash)
Area mata. (Unsplash)

4. Menggunakan produk yang sama terus menerus

Mungkin kamu sudah cocok dengan produk skincare tertentu dan berencana tidak menggantinya untuk jangka waktu yang lama. Wah, sebaiknya tepis niat tersebut karena hormon-hormon kulit bakal terus berubah seiring waktu.

Banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti kebiasaan makan, cuaca, air dan lainnya. Jadi bukan masalah kok, kalau harus gonta-ganti produk. Asalkan tidak bereaksi negatif pada kulit, ya.

5. Mengabaikan area leher dan mata

Mata dan leher adalah area yang paling diabaikan. Hayo ngaku, pasti sering kan kamu melewatkan area leher saat mencuci muka? Padahal leher juga memiliki kotoran yang perlu dibersihkan. Bagian bawah mata pun harus menjadi bagian penting dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

Tanda-tanda penuaan selalu terlihat pertama kali pada leher dan mata kemudian di wajah. Maka dari itu, leher dan mata membutuhkan perawatan yang sama seperti bagian-bagian wajah lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini