Jangan Nekat Pakai Kosmetik Kedaluwarsa, Ini Akibatnya!

Kita sering abai dengan tanggal kedaluwarsa kosmetik, padahal akibatnya fatal lho!

By: Stephanus Aranditio icon Sabtu, 06 Oktober 2018 icon 21:00 WIB
Jangan Nekat Pakai Kosmetik Kedaluwarsa, Ini Akibatnya!

Ilustrasi kosmetik. (Pexels)

Menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa memang tidak dianjurkan, tapi1.  seringnya kita abai dengan tanggal masa berlaku dan terus menggunakannya tanpa rasa waswas.

Jika kamu sering melakukannya, maka sebaiknya hentikan kebiasaan itu mulai sekarang. Selalu cek tanggal kedaluwarsa kosmetikmu, jika tetap menggunakannya akan berkibat fatal seperti di bawah ini.

1. Jerawat

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Perawatan Kulit Ini

Kulit wajah juga bisa protes lho! Umumnya mereka mengeluarkan jerawat di permukaan kulit jika terkontaminasi dengan benda asing dan kotor. Begitu juga dengan kosmetik yang sudah kedaluwarsa.

Benda yang diasumsikan asing dan kotor oleh kulit ini akan menyumbat pori kulit dan bisa ditebak, apa yang akan terjadi selanjutnya! Nah, jika selama ini kamu mengeluh berjerawat coba cek kosmetik yang biasa dipakai, bisa jadi sudah lewat masa kedaluwarsanya.

Jerawat. (Pixabay)
Jerawat. (Pixabay)

2. Iritasi kulit

Baca Juga: MUA Ini Dorong Wanita untuk Percaya Diri dengan Kondisi Jerawat

Untuk kulit yang lebih sensitif, protes terhadap kosmetik kedaluwarsa bisa diungkapkan dengan cara yang lebih ekstrim, yaitu iritasi.

Produk make up yang sudah kedaluwarsa lebih rentan terkontaminasi bakteri dan tentu saja kulit sensitifmu sangat menolak kehadiran bakteri.

Inilah yang menimbulkan iritasi seperti bintik-bintik merah, kemerahan, hingga kulit yang mengelupas. Jika kamu mengalami ini, langsung hubungi dokter ahli kecantikan untuk mendapatkan perawatan yang tepat!

3. Bibir bengkak

Bibir adalah salah satu bagian wajah yang sensitif Girls. Pastikan kamu selalu menggunakan lipstik yang masih aman tanggal kedaluwarsanya, jika tidak bibir akan terasa perih, menjadi kasar, kering, dan pecah-pecah, serta membengkak. Jadi mulai sekarag rajin-rajin mengecek tanggal kedaluwarsa ya!

Ilustrasi bibir tebal dan penuh. (Pexels/Dazzle Jam)
Ilustrasi bibir bengkak. (Pexels/Dazzle Jam)

4. Masalah mata
Mata adalah satu-satunya indera pengelihatan kita yang tidak bisa digantikan fungsinya oleh bagian tubuh yang lain, jadi jangan korbankan hal ini karena kosmetik kedaluwarsa Girls.

Baca Juga: Sedang Berjerawat dan Ingin Facial? Sebaiknya Jangan

Kosmetik mata yang sudah kedaluwarsa juga beresiko menimbulkan masalah mata seperti terasa perih, berair, mata merah, hingga infeksi dan jerawat di area mata.  Maskara yang sudah kedaluwarsa juga beresiko merontokkan bulu mata lho!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI