Kulit Mulus dan Kencang dengan Masker Kacang Hijau

Si hijau yang banyak fungsinya.

By: Agung Pratnyawan icon Senin, 08 Oktober 2018 icon 19:30 WIB
Kulit Mulus dan Kencang dengan Masker Kacang Hijau

Kacang hijau. (Unsplash)

Kacang hijau bisa dijadikan berbagai olahan makanan, mulai dari bubur, minuman, kue hingga isian bakpao. Tapi tahukah kamu, selain lezat di lidah kacang hijau juga enak dijadikan masker, lho!

Yup, selain bisa dikonsumsi, kacang hijau rupanya bisa menjadi bahan alami untuk merawat kecantikan. Kacang hijau memiliki fungsi anti-oksidan dan anti-inflamasi. Karena itu ia dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, ruam-ruam, dan iritasi.

Bahkan kandungan dalam kacang hijau disebut ampuh dalam melawan pigmentasi dan mengobati bercak-bercak pada kulit dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E. Kacang hijau juga bagus untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Paling Sering Ditemui dalam Skincare

Sumber Vitamin E yang ada pada kacang hijau juga mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan kulit kasar. Tidak hanya membuat kulit menjadi halus, tetapi juga dapat mengencangkan kulit wajah. Kandungan protein pada kacang hijau dapat mengatasi kerutan pada kulit secara alami. Masker kacang hijau ini dapat membuat kulit tampak lebih muda dan kencang.

Kacang hijau. (Unsplash)
Kacang hijau. (Unsplash)

 

Tertarik untuk membuat masker dari kacang hijau? Caranya mudah kok, yang dibutuhkan yakni bubuk kacang hijau atau kacang hijau utuh yang sudah ditumbuk hingga benar-benar halus secukupnya. Biar tidak ribet, kamu bisa memblendernya.

Baca Juga: Waspada, Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Membahayakan Kulit Wajah

Setelah itu tambahkan minyak zaitun, yogurt atau madu. Aduk keduanya hingga membentuk pasta kental. Kemudian oleskan ke wajah dan biarkan selama 30 menit. Kalau sudah kering tinggal bilas hingga bersih.

Selain dijadikan masker, kacang hijau juga bisa dijadikan scrub alami untuk luluran. Caranya sama, hanya saja kacang hijau cukup ditumbuk kasar dan campur dengan air matang atau susu plain.

Campurkan kedua bahan hingga menjadi pasta kental. Kemudian gunakan untuk scrub ke seluruh tubuh. Scrub ini akan membersihkan sel-sel kulit mati secara alami, menyingkirkan racun dari permukaan kulit, dan memberikan efek dingin, terutama jika kulit Anda baru terpapar sinar ultra violet.

Baca Juga: Tertarik Perawatan Wajah? Ikuti Panduan Ini Ya!

Mudah bukan? Dengan menggunakan masker dan scrub kacang hijau secara rutin, kulit akan terbebas dari sel kulit mati serta wajah akan halus dan bersih. Tapi selain menggunakannya untuk perawatan dari luar, biar hasilnya lebih maksimal konsumsi juga air rebusan kacang hijau.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI