Beauty

5 Manfaat Antioksidan untuk Kulit yang Wajib Kamu Tahu

Selain melindungi kulit dari radikal bebas, masih banyak manfaat antioksidan lainnya.

Dinar Surya Oktarini | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi skincare. (Unsplash/Charisse Kenion)
Ilustrasi skincare. (Unsplash/Charisse Kenion)

Dewiku.com - Kandungan antioksidan pada berbagai produk perawatan kulit memang mudah sekali untuk ditemukan. Dari face wash hingga krim mata. Sebenarnya apa saja sih manfaat antioksidan untuk kulit?

Kandungan antioksidan di dalam skincare pasti mempunyai tujuan khusus, yaitu melindungi kulit dari efek radikal bebas. Apa saja sih manfaat terperincinya dari antioksidan. Pensaran? Cek di bawah ini, yuk!

1. Meratakan warna kulit

Kulit wajah memang mempunyai warna yang rata, namun cenderung berubah dibeberapa bagian akibat paparan sinar matahari, pertambahan usia, atau bekas jerawat. Warna kulit yang tidak rata bisa menyebabkan kita kurang merasa percaya diri.

Jika masalah itu menganggumu, solusinya kamu bisa memakai skincare yang memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C, niacinamide, atau green tea. Ketiga kandungan tersebut sudah terbukti memiliki kemampuan bagus untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah.

Ilustrasi sedang bercermin. (Unsplash)
Ilustrasi sedang bercermin. (Unsplash)

 

2. Mengatasi masalah jerawat

Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, salah satu akibatnya adalah munculnya jerawat. Dengan menggunakan skincare yang memiliki kandungan antioksidan, akan mencegah racun-racun yang menyebabkan jerawat.

Selain mencegah pembentukan jerawat, antioksidan juga membantu menghilangkan bekas jerawat berkat kemampuannya dalam memperbaiki struktur kulit.

3. Meminimalisir kerusakan kulit

Paparan sinar UV memang mempunyai manfaat baik untuk kulit. Namun, kalau berlebihan dapat menimbulkan kerusakan pada kulit, seperti terbakar, kering, dan keriput. Demi mengatasi hal ini, butuh antioksidan yang dapat menstimulasi peredaran darah.

Sehingga regenerasi sel akan berlangsung lebih cepat. Resveratrol merupakan jenis antioksidan yang biasa ditemukan dalam anggur merah. Kandungan ini dipercaya mampu melindungi kulit dari sinar UV. Tak hanya itu, antioksidan dari vitamin C dan E juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Ilustrasi wajah dengan noda hitam. (Unsplash)
Ilustrasi wajah dengan noda hitam. (Unsplash)

 

4. Anti Inflamasi

Jika kamu sudah mengalami inflamasi, akan rentan mengalami beberapa masalah kulit. Seperti, breakout, rosacea, dan kusam. Inflamasi merupakan salah satu musuh utama kulit. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh faktor internal, makanan yang dikonsumsi, stres, merokok, dan gaya hidup nggak sehat lainnya.

Selain internal, masalah kulit ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti paparan sinar UV dan polusi udara.

5. Mengurangi kerutan

Salah satu manfaat antioksidan untuk kulit adalah mengurangi kerutan. Kandungan antioksidan akan mudah sekali ditemukan di produk skincare yang memiliki klaim anti aging. Sebenarnya, sangat kecil kemungkinan kerutan yang sudah terbentuk benar-benar hilang.

Namun, antioksidan dipercaya mampu memperbaiki struktur kulit, sehingga kulit akan menjadi baik dan tampak lebih muda. Jenis antioksidan yang ampuh mengatasi masalah kerutan dan garis halus adalah vitamin E, coffee berry, dan resveratrol.

Berita Terkait

Berita Terkini