Pemilik Kulit Sensitif, Baca Ini Sebelum Beli Produk Kecantikan

Sebab kulit sensitif perlu perhatian ekstra.

By: Angga Roni Priambodo icon Sabtu, 13 Oktober 2018 icon 15:00 WIB
Pemilik Kulit Sensitif, Baca Ini Sebelum Beli Produk Kecantikan

Ilustrasi kulit mulus. (Pexels)

Memilih produk kecantikan bukanlah tugas yang mudah, apalagi jika kamu adalah pemilik kulit sensitif. Namun bukan soal efek samping, melainkan jumlah uang yang dikeluarkan untuk membelinya juga bakal sia-sia.

Cara termudah untuk menghindari hal itu adalah berpikir matang sebelum membeli produk kecantikan apapun. Dilansir dari Boldsky, di bawah ini ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli produk kecantikan untuk kulit sensitif.

1. Harum tidak selalu baik

Baca Juga: Kenali Bahaya Terlalu Banyak Pakai Pelembap untuk Kulit

Maksudnya, terkadang produk yang memiliki aroma kuat mungkin bukan pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Produk-produk ini cenderung mengandung alkohol, asam alfa hidroksi atau bahkan beberapa agen antibakteri yang mungkin keras untuk kulit.

2. Lebih baik menghindari makeup waterproof

Seperti yang kita ketahui, makeup waterproof memerlukan usaha ekstra dalam menghapusnya. Menggunakan terlalu banyak produk yang kuat seperti itu dapat merusak kulit sensitifmu. Juga, mereka yang memiliki kulit sensitif harus selalu memilih makeup minimal karena beberapa produk makeup yang mengandung bahan kimia mungkin memiliki efek buruk pada kulit mereka.

Baca Juga: Makin Kece, Ini 6 Tips Agar Penampilan Tidak Terlihat Murahan

Ilustrasi makeup. (Pexels)
Ilustrasi makeup. (Pexels)

3. Pilih yang natural

Kalau kamu memiliki kulit sensitif, selalu pilih produk perawatan kulit yang alami. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan sendiri di rumah seperti madu, lidah buaya, clay multani mitti, essential oil dan lainnya. Namun pastikan kamu tidak alergi dengan bahan-bahan itu.

4. Selalu periksa tanggal kadaluwarsa

Selalu periksa tanggal kedaluwarsa produk apapun yang kamu beli. Apakah itu sesuatu yang harus diterapkan secara topikal pada kulit atau dimaksudkan untuk dikonsumsi, memeriksa tanggal kadaluwarsa selalu merupakan hal yang masuk akal untuk dilakukan pertama kali.

5. Coba sebelum beli

Baca Juga: Hidupkan Tren Produk Kecantikan Lokal, 5 Alasan Memilih Avoskin

Meski kamu sudah membeli paket wajah atau pelembab, selalu uji di lengan bawah dan tunggu setidaknya 24-48 jam untuk melihat apakah itu menyebabkan reaksi seperti ruam, kemerahan, atau iritasi kulit. Jika tidak, produk ini benar-benar aman untuk digunakan. Tetapi jika itu terjadi, kamu harus berhenti menggunakannya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI