Murah, Ini 4 Manfaat Kubis untuk Perawatan Rambut dan Wajah

Bukan cuma enak dimakan, kubis juga bermanfaat untuk perawatan rambut dan wajah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 16 Oktober 2018 icon 19:30 WIB
Murah, Ini 4 Manfaat Kubis untuk Perawatan Rambut dan Wajah

Ilustrasi kubis. (Pixabay)

Kubis yang sering kalian jumpai saat membuat salad sayur ternyata punya segudang manfaat untuk perawatan wajah. Bahkan, bisa untuk perawatan rambut juga.

Dalam kubis hijau, terkandung anti-oksidan dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C dan E. Kubis juga mengandung berbagai mineral yang bermanfaat untuk rambut dan wajah, seperti kalium, kalsium, natrium, fosfor, dan juga zat besi.

Kandungan kubis segar lebih kaya lagi, Girls. Hal itu mengingat ada sejumlah senyawa yang dapat merangsang pembentukan glutation atau zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia. Penasaran cara bikin perawatan rambut dan wajah dari kubis? Simak di bawah ini.

Baca Juga: Mager di Malam Hari, Ikuti 3 Langkah Mudah Perawatan Wajah Ini

Kubis untuk mencegah kerontokan rambut

Rambut rontok seringkali menggangu, bahkan untuk kasus yang parah, rambut rontok bisa mempengaruhi penampilan, lho. Nah, dengan kandungan vitamin A dan keratin dalam kubis maka masalah rambut rontok bisa diatasi.

Campurkan jus kubis dengan jus timun yang kaya silikon dan sulfur. Aduk rata, kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala sebagai hair mask atau masker rambut.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Dapatkan Kulit Mulus dengan Masker Jagung

Jangan lupa untuk memijat area kepala agar kandungannya dapat terserap sempurna. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Ilustrasi potongan mentimun / pixabay.com
Ilustrasi timun. (Pixabay)

Kubis untuk anti aging

Kubis ungu mengandung anti-oksidan yang cukup tinggi, sehingga bisa kamu manfaatkan sebagai masker anti aging. Pada dasarnya, anti-oksidan dapat menjaga kulit tetap segar, kencang, elastis, serta mengurangi keriput dan flek hitam.

Masker ini semakin ampuh untuk melawan tanda penuaan karena memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit.

Ilustrasi kubis ungu. (Pixabay)
Ilustrasi kubis ungu. (Pixabay)

Kubis untuk mengatasi jerawat

Kubis ternyata mengandung sulfur, lho. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, sulfur sangat baik untuk mengatasi jerawat. Blender beberapa lembar kubis dengan satu sendok makan air perasan lemon dan gunakan sebagai masker wajah.

Khusus jerawat membandel, kamu bisa menggunakannya seminggu sekali. Lakukan selama sebulan dan kamu bisa membandingkan hasilnya.

Lemon water. (Unsplash)
Ilustrasi lemon . (Unsplash)

Kubis untuk menghaluskan kulit

Gabungan vitamin A dan E dalam kubis dapat menghaluskan kulit. Kedua vitamin ini efektif meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit terlihat lebih sehat dan halus. Untuk mendapatkan manfaat vitamin ini, kamu bisa membuat kubis jadi sheet mask KW super.

Caranya mudah, kukus beberapa lembar kubis hingga lunak dan peras dengan bantuan handuk bersih hingga sarinya keluar sempurna. Jika handuk sudah basah merata, gunakan layaknya sheet mask untuk menutup wajah. Kamu bisa menggunakannya semalaman membilas esok hari.

Baca Juga: Unik, Perawatan Rambut dengan Mayones Ini Wajib Kamu Coba

Ilustrasi kubis. (Pixabay)
Ilustrasi kubis. (Pixabay)

Sudah siap perawatan rambut dengan masker kubis? Bagaimana dengan perawatan wajah?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI